Ini Komponen dan Cara Cek Kerusakan Kaki-kaki Mobil Biar Nyaman Dikendarai

Sabtu, 12 Maret 2022 - 20:17 WIB
loading...
A A A
Pada saat mendongkrak mobil, apabila terdengar gesekan atau ban naik turun dengan jeda yang jauh maka artinya mobil bermasalah. Selanjutnya, segera perbaiki ball joint atau ganti dengan yang baru.

5. Per

Per merupakan komponen di kaki-kaki mobil yang jarang mengalami masalah. Kendati begitu per juga komponen mobil yang bisa rusak.

Untuk mengetahui komponen ini rusak memang sedikit sulit. Karena itu, kerusakan pada peer baru akan terdeteksi saat ulir per keong atau per daun patah.



Penyebab kerusakan pada peer biasanya karena terkikis, pecahnya bushing atau bantal peer, bisa juga karena ada selang yang terlilit pada bagian spiral peer.

6. Ban

Jika seluruh bagian kaki-kaki pada mobil bagus, Anda perlu memeriksa bagian ban. Ini karena ban adalah bagian yang sering mengalami gesekan dengan aspal sehingga mudah pula mengalami masalah.

Jika ban mengalami botak sebelah, bisa dipastikan ada masalah pada komponen kaki-kaki mobil Anda. Biasanya masalah terjadi pada bagian tie rod dan long tie rod.

Untuk memastikannya, coba dongkrak ban mobil Anda dan belokkan dengan tagan ke kanan dan ke kiri. Jika terdapat suara gesekan, berarti tie rod atau long tie rod mengalami kerusakan dan harus segera diperbaiki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2932 seconds (0.1#10.140)