Mobil JDM Negeri Samurai Aslinya Berukuran Kecil

Jum'at, 18 Maret 2022 - 15:52 WIB
loading...
Mobil JDM Negeri Samurai Aslinya Berukuran Kecil
Dalam bahasa Indonesia Mobil JDM adalah mobil yang hanya dijual untuk pasar Jepang saja. Foto/Otoasia
A A A
JAKARTA - Mobil JDM dalam dunia otomotif bukanlah hal yang baru didengar. Namun, tidak sedikit yang justru salah memahami mobil JDM lantaran tidak semua mobil di Jepang adalah JDM.

Dilansir dari carmudi, JDM merupakan singkatan dari Japanes Domestic Market. Dalam bahasa Indonesia Mobil JDM adalah mobil yang hanya dijual untuk pasar Jepang saja. Artinya, tidak akan ada mencari kemanapun mobil JDM selain di negeri samurai itu.

Selain itu, tidak semua mobil yang manufakturnya berasal dari Jepang adalah mobil JDM. Misalnya seperti Toyota Supra Mk4 di Amerika Serikat yang dijual dengan konfigurasi setir kiri. Banyak orang mengira ini adalah mobil JDM, padahal bukan karena telah mengalami penyesuaian lantaran mengikuti regulasi di sana.



Dikatakan Mobil JDM jika Toyota Supra Mk4 yang ada di Amerika Serikat ini punya setir kanan. Selain itu ada beberapa komponen yang berbeda dengan pasar Amerika Serikat. Hal inilah yang membuat banyak orang salah kaprah tentang Mobil JDM.

Mobil JDM yang asli biasanya memiliki dimensi kecil dengan kapsitas mesin sesuai bodynya, tidak lebih dari 1.000 cc atau di bawah 700 cc. Kei car inilah yang sesungguhnya adalah mobil JDM. Itulah istilah Mobil JDM dalam dunia otomotif yang bisa menjadi refrensi pecinta roda empat. Selamat mencoba.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1254 seconds (0.1#10.140)