Gawat, Mobil Listrik Bakal Bunuh Mobil-mobil Imut Jepang

Selasa, 02 Februari 2021 - 14:00 WIB
loading...
Gawat, Mobil Listrik Bakal Bunuh Mobil-mobil Imut Jepang
Honda N Box merupakan salah satu Kei Car yang sangat digemari di Jepang. Foto/IST
A A A
JEPANG - Kehadiran mobil listrik bakal membunuh mobil imut Jepang yang dikenal dengan nama Kei Car. Hal itu terjadi karena pemerintah Jepang, yang berencana melakukan elektrifikasi secara penuh pada 2050, meminta seluruh pabrikan mobil di Jepang hanya menjual mobil listrik.

Rencana penghentian mobil berbahan bakar internal direncanakan berlaku pada 2030. Otomatis seluruh mobil di Jepang, termasuk Kei Car, harus berganti menjadi mobil listrik jika ingin dijual.

Masalahnya alih teknologi dari mobil berbahan bakar internal ke mobil listrik tidak murah. Japan Mini Vehicles Association (JMVA) mengatakan dibutuhkan penambahan biaya sekitar 1 juta Yen (Rp131,9 juta) hingga 2 juta Yen (Rp263,9) jika Kei Car berubah dari mesin konvensional ke motor listrik.

Hal ini dikonfirmasi oleh Tokyo Tokai Research yang mengatakan penambahan biaya itu akan membuat Kei Car lebih mahal dua kali dari harga biasanya. Padahal di Jepang Kei Car digemari, selain karena kepraktisannya, juga karena harganya yang murah.

"Ringan didapatkan dan nyaman adalah hal yang mendarah daging di Kei Car. Mobil ini adalah sarana mobilitas yang penting bagi masyarakat Jepang," ucap Hitoshi Horii, ketua JMVA.

Akio Toyoda, President Toyota Motor Corp mengatakan Kei Car sudah menjadi mobil nasional bagi masyarakat Jepang. Dia mengatakan masyarakat perkotaan memang bisa tidak menggunakan Kei Car. Hanya saja di pedesaan Kei Car sudah jadi bagian yang sangat penting bagi masyarakat pedesaan. "Di desa Kei Car sudah menjadi hal yang sangat diperlukan," ujar Akio Toyoda.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)