Helm Full Face vs Half Face, Mana yang Anda Pilih?

Sabtu, 02 April 2022 - 20:55 WIB
loading...
Helm Full Face vs Half Face, Mana yang Anda Pilih?
Helm full face maupun half face memiliki plus dan minusnya sendiri. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Helm merupakan perlengkapan penting ketika berkendara. Helm wajib dikenakan untuk meminimalisir risiko apabila terjadi kecelakaan, sehingga benturan tidak langsung mengenai kepala yang dapat berakibat fatal.

Saat ini sudah banyak model helm di pasaran. Salah satu yang sering diperdebatkan tingkat keamanannya adalah helm full face dan helm half face.
Nah sebenarnya mana yang lebih aman dari kedua ini? Berikut penjelasannya:

Helm full face
Sesuai namanya, helm full face merupakan jenis helm yang memiliki perlindungan menyeluruh, termasuk kepala dan wajah. Helm yang satu ini biasanya digunakan untuk riding jarak jauh dengan kecepatan tinggi.

Helm full face cukup bisa diandalkan untuk melindungi wajah dari terpaan angin yang bisa mengaburkan konsentrasi saat berkendara. Tapi, di sisi lain helm ini kurang nyaman saat digunakan dalam cuaca panas.

Kalian yang menggunakan helm model ini pasti akan kegerahan. Jika helm tidak pernah dibersihkan, keringat di helm akan menyebabkan bau tidak sedap yang pastinya juga bisa membuat wajah gatal.

Helm half face
Helm half face merupakan jenis helm yang memiliki perlindungan di bagian kepala, tapi tidak dibagian wajah. Sebab, bagian ini hanya dilindungi kaca. Helm half face biasa digunakan ketika berkendara jarak dekat.

Helm tipe ini juga lebih mudah dipakai dan dilepas. Untuk perjalanan jauh, penggunaan helm half face tidak direkomendasikan lantaran perlindungan hanya diberikan ke bagian kepala saja.



Nah, sebenarnya baik helm full face dan helm half face sebenarnya tidak ada yang lebih baik. Semuanya tergantung dengan kebutuhan. Ada baiknya memiliki dua model helm ini agar lebih mudah menyesuaikan kebutuhan berkendara.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5148 seconds (0.1#10.140)