ECU Motor, Mengenal Fungsi Vital si Otak Motor Injeksi

Sabtu, 09 April 2022 - 15:00 WIB
loading...
ECU Motor, Mengenal Fungsi Vital si Otak Motor Injeksi
ECU motor injeksi memiliki fungsi yang sangat vital untuk itu perawatan dan perbaikannya harus dilakukan oleh tenaga profesional. Foto/IST
A A A
JAKARTA - ECU Motor atau Engine Control Unit sangat penting buat motor injeksi. Fungsinya sangat vital bak otak bagi manusia. Pasalnya semua yang berkaitan dengan sistem injeksi seperti riding mode, bukaan bensin, campuran udara dan fungsi kinerja lainnya seluruhnya dikontrol oleh ECU.

Jika terjadi kerusakan pada ECU, otomatis kinerja motor injeksi akan terganggu. Jadi jangan pernah menganggap remeh ECU motor injeksi.

Cara kerja ECU bahkan boleh dibilang hampir mirip seperti komputer. Pasalnya ECU akan mengolah semua data-data informasi yang diterima selama motor injeksi dijalankan. Dengan kata lain semua perangkat yang ada di motor injeksi seluruhnya dikendalikan ECU.

Jadi otomatis ECU membutuhkan perawatan yang serius agar tidak bermasalah. Gangguan yang terjadi pada ECU otomatis membuat seluruh informasi tidak bisa dioleh dan kinerja motor injeksi akan terhambat.



ECU Motor, Mengenal Fungsi Vital si Otak Motor Injeksi


Otomatis perhatian khusus pada ECU memang mutlak diperlukan. Hanya saja karena ECU merupakan perangkat lunak, pemilik motor injeksi tidak disarankan untuk melakukan perawatan mandiri. Ada baiknya perawatan atau pemeriksaan dilakukan oleh tenaga profesional.

Namun, Anda masih dapat dengan mudah mendeteksi apabila ada gangguan pada ECU motor injeksi. Misalnya kondisi speedometer atau panel indikator motor yang mati meski kunci motor berada dalam posisi "ON".

Selain itu ECU tengah mengalami masalah jika lampu indikator mulai berkedip-kedip saat mesin atau motor dijalankan. Itu menandakan bahwa memang ada kerusakan yang terjadi di dalam sistem injeksi motor itu sendiri.



Beberapa kasus yang sering terjadi, khususnya pada motor matic injeksi, kemungkinan ciri dari kerusakan ECU motor bisa dilihat pula dari kondisi dimana starter mulai bermasalah.

Hal itu bisa dipicu dari keadaan yang mana saat moto distarter tidak bisa hidup sama sekali. Apalagi, kondisi aki dalam keadaan yang normal.

Ini tentu menjadi sebuah tanda kuat jika ECU sebagai sistem pengendalian motor mengalami masalah yang cukup serius. Bila terjadi hal demikian, segera cek ke bengkel untuk mendapatkan penanganan secepatnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3334 seconds (0.1#10.140)