Negara dengan Setir Mobil di Sebelah Kanan, Nomor 4 Baru Seumur Jagung

Rabu, 13 April 2022 - 12:57 WIB
loading...
Negara dengan Setir Mobil di Sebelah Kanan, Nomor 4 Baru Seumur Jagung
Jumlah negara dengan setir mobil di sebelah kanan dan berkendara di sebelah kiri tidak terlalu besar dengan negara berkendara di sebelah kanan. Foto/Auto Deals
A A A
JAKARTA - Setiap negara memiliki perbedaan lajur berkendara. Hal ini terkait dengan letak setir mobil yang diterapkan. Ada yang berada di sebelah kanan dan di sebelah kiri. Konsep ini disebut sebagai right-driving countries dan left-driving countries.

Melansir dari worldstandards.eu, mobil dengan setir di sebelah kanan disebut sebagai left-driving countries yang mengharuskan kendaraannya menggunakan lajur kiri.

Nah, negara-negara mana saja yang mengaplikasikannya, yuk cermati beberapa daftar di bawah ini:

1. Indonesia

Aturan mobil setir di sebelah kanan di Indonesia ini tidak lepas dari pengaruh penjajahan Belanda. Awalnya, Belanda mengenalkan setir di sebelah kanan kepada masyarakat Hindia Belanda ketika itu. Namun saat Napoloen dari Prancis menjajah Belanda, Belanda mengubah haluan menjadi setir di sebelah kiri.

Tetapi, aturan setir di sebelah kiri tersebut tidak diikuti oleh Indonesia. Setelah Belanda hengkang dari Indonesia, Indonesia dijajah oleh Jepang. Jepang ketika itu menerapkan aturan setir di sebelah kanan. Hingga akhirnya, Indonesia tetap menggunakan setir di sebelah kanan dan berkendara di lajur kiri.

2. Jepang

Jepang tidak pernah menjadi bagian dari kekuasaan Inggris. Namun, Jepang menerima bantuan teknis dalam membangun infrastruktur kereta api dari Inggris. Hingga akhirnya, pengaruh tersebut tetap terasa dan membuat Jepang menjadi negara dengan setir mobil di sebelah kanan.

Negara dengan Setir Mobil di Sebelah Kanan, Nomor 4 Baru Seumur Jagung


3. Selandia Baru

Menurut.worldstandards.eu, Selandia Baru menjadi negara dengan setir di sebelah kanan serta mengemudi di lajur kiri. Aturan ini juga tidak lepas dari pengaruh Inggris yang pernah menjajah Selandia Baru. Diketahui, Selandia Baru pernah dijajah oleh Inggris pada 1800-an.

4. Samoa

Negara berikutnya yang menggunakan setir di sebelah kanan adalah Samoa. Hal ini karena impor kendaraan dari Selandia Baru serta Australia yang menggunakan setir di sebelah kanan. Pada 7 September 2009, Samoa resmi menggunakan lajur kiri dengan setir di sebelah kanan. Jadi dibanding negara-negara lain, pengaplikasian setir di sebelah kanan Samoa masih seumur jagung.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4106 seconds (0.1#10.140)