Fungsi Fuel Pump Mobil Beserta Ciri-Ciri Kerusakannya

Rabu, 11 Mei 2022 - 10:17 WIB
loading...
Fungsi Fuel Pump Mobil Beserta Ciri-Ciri Kerusakannya
Fungsi fuel pump atau pompa bensin sangat penting untuk menjaga peforma mobil. Foto: Sindonews
A A A
JAKARTA - Fuel pump atau biasa disebut pompa bensin adalah komponen yang berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki menuju mesin. Dalam ruang pembakaran inilah yang mengubah bahan bakar menjadi daya hidup mesin.

Untuk mobil injeksi, fuel pump berfungsi memompa bensin menuju injektor. Fuel pump sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu fuel pump mekanis dan fuel pump elektrik.

Fuel pump mekanis merupakan jenis pompa yang masih menggunakan gerak mekanis memanfaatkan putaran mesin. Sedangkan fuel pump elektrik memanfaatkan energi listrik dari baterai dimana kinerja pompa dikendalikan oleh listrik.

Performa mobil kita tentunya sangat bergantung dengan kinerja fuel pump ini. Sebab itu, kondisinya harus dijaga dengan baik. Nah, dibawah ini merupakan ciri ciri dimana fuel pump mengalami kerusakan :

1. Mesin Mobil Sulit Dinyalakan
Hal ini terjadi biasanya ketika mobil Anda parkir dalam waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan bahan bakar yang seharusnya sudah siap, tapi tidak tersedia di jalur bahan bakar atau yang disebut jalur fuel line. Selain itu, bisa juga mobil “brebet” atau tersendat. Hal ini karena pompa bensin tersumbat kotoran dari tangki bensin lantaran kualitas bahan bakar buruk. Jadi, mesin terasa kosong meski sudah menginjak gas.

2. Lampu Indikator Injeksi Berkedip
Kerusakan fungsi fuel pump seringkali juga ditandai dengan lampu indikator mobil yang menyala terus. Lampu indikator injeksi ini berada pada komponen injeksi yang terletak di dashboard bagian dalam sisi kemudi. Apabila ada kedipan pada check engine lamp, maka sudah jelas ada masalah pada bagian pompa bahan bakar mobil.

3. Sekring pada Fuel Pump Gosong
Ciri selanjutnya yaitu sekring pompa bensin gosong. Penyebab gosongnya sekring ini dikarenakan tersumbat oleh endapan kotoran, sehingga kinerja sekring lebih berat. Jika sekring gosong, tentunya kinerja dari pompa bensin atau fuel pump juga tidak normal.

4. Bau Bensin Menyengat dari Asap Knalpot
Terakhir yaitu munculnya bau bensin yang menyengat pada asap knalpot mobil. Bau menyengat ini disebabkan oleh proses pembakaran pada mesin yang kurang sempurna. Maka dari itu, perhatikan jika ada bau menyengat dari asap knalpot mobil Anda mulai sekarang.

BACA JUGA: Spesifikasi dan Fitur Canon PowerShot Pick, Kamera Pintar Rp9,5 Juta

Kasus kerusakan fuel pump sebagian besar disebabkan karena komponen ini tersumbat oleh endapan kotoran. Kotoran-kotoran tersebut bisa dari banyak faktor. Antara lain kualitas bahan bakar yang tidak baik. Atau bisa juga akibat bahan bakar lama dibiarkan mengendap di dalam tangki akibat mobil tidak pernah dijalankan.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2020 seconds (11.210#12.26)