Cara Mengemudi Mobil Manual di Jalan Macet yang Bikin Santai

Senin, 23 Mei 2022 - 17:13 WIB
loading...
A A A
Setidaknya, pengendara bisa menyalakan lampu sein apabila ingin berpindah jalur. Lalu, lihat kondisi di belakang dengan melihat dari arah spion. Jangan asal berpindah jalur karena bisa memunculkan konflik dengan pengendara lain dan bisa menjadikan malapetaka.

3. Pakai Rem Tangan

Cara ini bisa dilakukan apabila kondisi macet yang ditemui dalam keadaan parah. Dalam keadaan kendaraan tidak bisa bergerak sama sekali, gunakan rem tangan untuk mencegah kendaraan melaju sendiri akibat keadaan jalan yang tidak rata atau menurun.

Selain itu, pada kondisi macet parah ini juga bisa membuat kopling menjadi cepat aus. Hal ini terjadi apabila pengendara tidak menggunakan rem tangan dan terus menginjak kopling.

Gunakan rem tangan, lalu geser posisi transmisi ke Netral serta turunkan kedua kaki anda dari pedal gas dan kopling untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks. Cara ini terbukti efektif menurunkan tingkat kelelahan saat terjebak kemacetan parah.

4. Jaga Jarak Aman

Pengendara harus memastikan jarak yang aman dengan kendaraan lain di depan maupun belakangnya. Perhitungkan jarak sekitar waktu 3-5 detik untuk menghindari situasi yang membutuhkan respon mendadak.

Jarak tersebut bisa memungkinkan anda mengerem atau membanting setir ke arah lain untuk menghindari crash. Intinya, jangan memaksakan jarak terlalu dekat dengan mobil lain. Karena bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

5. Tetap Mematuhi Aturan Lalu-Lintas

Dalam kondisi apapun, pengendara harus tetap mematuhi peraturan lalu-lintas. Terkadang, ada pengendara yang tidak sabar dalam menghadapi macet. Sehingga membuatnya memaksa untuk menyalip tanpa aturan, hingga menerobos lampu merah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)