5 Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung, Waspadai Hal Ini

Selasa, 24 Mei 2022 - 14:36 WIB
loading...
5 Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung, Waspadai Hal Ini
Penyebab suara mesin mobil mendengung cukup beragam, untuk itu dibutuhkan pemeriksaan menyeluruh. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Penyebab suara mesin mobil mendengung cukup beragam. Dalam hal ini, untuk menemukan penyebabnya, dibutuhkan pemeriksaan yang seksama.

Tak hanya dari mesin, penyebab suara tak sedap ini juga bisa muncul akibat adanya kerusakan di komponen lain. Biasanya, pengendara akan bingung karena tiba-tiba mobilnya mengeluarkan suara mendengung.

Tentu saja, suara tersebut merupakan indikasi atau tanda bahwa adanya kerusakan pada mobil. Dilansir dari situs Auto 2000, berikut beberapa penyebab suara mesin mobil mendengung.



1. Komponen Bearing Pulley Aus
Bearing Pulley Mesin yang sudah aus bisa menjadikan mobil mengeluarkan suara dengungan. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa terdapat banyak lilitan belt dengan pulley di dalam mesin. Sebut saja pulley mesin, pulley alternator, dan pulley idler.

Apabila terdapat satu saja dari pulley tersebut yang aus, maka mesin mobil bisa mengeluarkan suara dengungan. Hal ini terjadi karena setiap pulley itu saling terhubung. Sehingga apabila ada satu yang aus, dampaknya akan tersebar ke yang lain.

2. Kerusakan pada Pompa Power Steering
Kerusakan pada power steering juga bisa berpengaruh pada suara mesin mobil yang mendengung. Dalam hal ini, meskipun mobil keluaran terbaru sudah banyak yang menggunakan power steering elektrik, namun pada mobil-mobil keluaran lama tentu masih menggunakan sistem hidrolik.

Pada power steering hidrolik terdapat sebuah komponen pompa di dalamnya. Kondisi aus termasuk pada bagian bantalannya inilah yang menyebabkan suara mesin mobil berdengung. Suara biasanya akan sangat jelas saat setir mobil di belokan.

3. Kondisi Ban Salah Arah dan Tidak Rata
Kondisi ban yang salah arah dan tidak rata bisa menyebabkan suara dengungan yang mengganggu. Biasanya hal ini terjadi ketika pengendara melakukan rotasi ban, namun ada kesalahan arah putarannya. Dampaknya adalah suara dengungan yang muncul, khususnya saat melewati jalan yang tidak rata atau rusak.

4. Kerusakan pada Kompresor AC
Gesekan yang terjadi diantara metal dalam kompresor AC sudah aus akan memunculkan suara dengungan pada mesin mobil. Terlebih jika pengendara menyetel suhu AC kendaraannya menjadi level max atau yang paling dingin, suaranya akan semakin jelas terdengar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2438 seconds (0.1#10.140)