Ciri-ciri Cross Joint Mobil Rusak, Penting Buat Pemilik Kendaraan Penggerak Roda Belakang

Senin, 06 Juni 2022 - 21:00 WIB
loading...
A A A
2. Mobil Tiba-tiba Menghentak

Cross joint yang mengalami kerusakan akan menghasilkan perputaran tidak konsisten. Kondisi ini terkadang akan membuat mobil tiba-tiba menghentak, terutama saat Anda melakukan akselerasi atau percepatan.

Gangguan ini sangat mudah dikenali pada mobil bertransmisi manual. Saat akan melakukan perpindahan gigi, mobil akan terasa tersentak-sentak. Selain membuat berkendara menjadi tidak nyaman, Anda juga bisa berisiko membahayakan pengguna jalan lainnya.



Ciri-ciri Cross Joint Mobil Rusak, Penting Buat Pemilik Kendaraan Penggerak Roda Belakang


3. Kaki-kaki Mobil Tidak Seimbang

Beban yang berat bisa membuat cross joint menjadi lebih cepat aus. Jika cross joint telah mengalami keausan, maka keseimbangannya pun berkurang karena kaki-kaki mobil menjadi tidak seimbang.

Pemilik mobil bisa memeriksanya dengan memutar kemudi ke arah kanan dan kiri. Jika posisi ban atau kaki-kaki mobil terlihat tidak seimbang, bisa dipastikan ada gangguan pada komponen cross joint mobil.

4. Usia Mobil yang Tua

Jika Anda memiliki mobil penggerak roda belakang yang sudah lebih dari 10 tahun, ada baiknya memeriksa cross joint. Pasalnya pemakaian yang cukup lama akan membuat kinerja cross joint berkurang drastis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1998 seconds (0.1#10.140)