Pahami, Ini 5 Penyebab Bunyi saat Mobil Mundur

Jum'at, 10 Juni 2022 - 13:19 WIB
loading...
Pahami, Ini 5 Penyebab Bunyi saat Mobil Mundur
Sedikitnya ada lima penyebab bunyi saat mobil mundur. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima penyebab bunyi saat mobil mundur. Dengan memahami kelima penyebab tersebut, pengendara tidak perlu lagi bingung ketika kondisi mobilnya berbunyi saat bergerak mundur.

Biasanya, keadaan ini muncul pada mobil bertransmisi manual . Namun, tidak menutup kemungkinan juga mobil matic bisa mengalaminya. Untuk penyebabnya sendiri bermacam-macam, dari perawatan kendaraan yang jarang hingga faktor kesalahan berkendara dari pemilik kendaraan.
Baca juga : Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan Anti Mundur

Lantas, apa sajakah penyebab bunyi saat mobil mundur? berikut ulasannya seperti dilansir dari situs Auto2000 :

1. Kurangnya Volume Oli Mesin

Dalam fungsinya, oli berguna sebagai pelumas komponen yang ada di mesin. Pada kondisi oli yang kurang atau terbatas, termasuk pada bagian oli transmisinya, beberapa komponen mobil bisa menjadi mudah berkarat dan aus.

Akibatnya, mobil bisa mengeluarkan bunyi asing saat bergerak mundur. Maka dari itu, hendaknya pemilik kendaraan bisa memeriksa secara berkala kondisi oli mobilnya. Sehingga masalah seperti itu tidak muncul pada kendaraannya.

2. Rusaknya Transmisi

Sebagian pandangan mengatakan bahwa perawatan mobil manual lebih susah jika dibandingkan mobil matic. Salah satunya adalah pada bagian transmisi mobil yang kerap bermasalah apabila jarang dirawat.

Kondisi transmisi yang rusak ini bisa menjadi penyebab bunyi saat mobil mundur. Biasanya, masalah pada transmisi ini bisa disebabkan adanya kotoran yang masuk, hingga pelumas yang kurang.
Baca juga : Gawat, Mobil Listrik Bakal Bunuh Mobil-mobil Imut Jepang

3. Terlepasnya Pin Pengunci Kampas Rem
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2403 seconds (0.1#10.140)