Cara Mandiri Bikin AC Mobil Tetap Sejuk, Nyaman dan Sehat

Jum'at, 17 Juni 2022 - 14:00 WIB
loading...
A A A
Kebiasaan merokok di dalam kabin bisa membuat kinerja filter AC menjadi berat, sehingga diperlukan penggantian filter AC yang lebih sering. “Ini lantaran debu dan asap rokok membuat filter udara berwarna kecoklatan, lengket dan tak mudah dibersihkan dengan udara bertekanan,” jelas Rohim, pemilik bengkel Sejuk AC Sukses, Authorized Dealer Denso di daerah Jl. Joglo Raya No.48, Jakarta Barat. Kalau sudah begini, solusi terbaiknya dengan melakukan penggantian filter AC lebih sering.

3. Hindari Sering Membuka Kaca Mobil saat Berkendara.

AC mobil sejatinya merupakan sistem sirkulasi tertutup yang menggunakan udara di dalam kabin untuk didinginkan secara berulang. “Terlalu sering membuka kaca saat kondisi AC dinyalakan, membuat udara di kabin tercampur dengan udara di luar mobil berdebu, kotor dan juga lebih panas, sehingga membuat kompresor bekerja lebih ekstra untuk membuat kabin tetap sejuk dan dingin,” jelas Rohim lagi.

4. Gunakan Kaca Film Berkualitas.

Selain karena kinerja sistem AC yang baik, suhu kabin yang adem juga ditunjang pula dengan aplikasi kaca film yang mempunyai daya tolak panas yang maksimal. Ini agar menghalau panas dari luar tidak masuk ke dalam kabin, sehingga sistem AC juga tak perlu bekerja ekstra keras untuk mendinginkan kabin terus menerus.

Cara Mandiri Bikin AC Mobil Tetap Sejuk, Nyaman dan Sehat


5. Cek Kinerja Sistem AC Secara Berkala.

Kualitas kerja AC yang baik dan awet, tak lepas dari perawatan berkala. Lantaran kurang diperhatikan, walaupun ada satu komponen mengalami kerusakan atau masalah, dapat menyebabkan sistem AC bisa terganggu secara keseluruhan.



Nah, cara-cara di atas adalah cara mandiri yang bisa Anda lakukan agar pendingin ruangan mobil tetap terasa nyaman, sejuk dan sehat. Namun ada kalanya AC perlu mendapatkan perawatan yang sangat khusus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)