Jangan Lengah, Ini Penyebab Motor Terbakar yang Harus Diwaspadai

Minggu, 19 Juni 2022 - 17:00 WIB
loading...
A A A
3. Oli yang Bocor

Sebelum berkendara ada baiknya, Anda mengecek kondisi seluruh bagian motor. Termasuk juga pada komponen yang menampung oli. Perhatikan apakah ada kebocoran atau tidak.

Jika ditemukan oli yang merembes, maka segeralah ganti komponen tersebut. Karena kemungkinan retak atau pecah. Oli yang bocor ini juga dapat berbahaya jika dibiarkan begitu saja tanpa segera ditangani.

Kemungkinan terburuknya, motor yang Anda gunakan bisa mengalami kebakaran. Namun selain kemungkinan tersebut, mesin motor pun juga akan lebih mudah rusak atau bahkan jebol karena oli yang dibutuhkan untuk melumasi kinerja mesin kurang.

4. Kondisi Mesin Terlalu Panas

Kondisi mesin yang terlalu panas atau overheat menjadi faktor berikutnya yang dapat memicu terjadinya kebakaran pada motor. Kondisi ini sering terjadi jika Anda menggunakan sepeda motor untuk berkendara dalam jarak jauh yang cukup lama tanpa beristirahat atau menggunakannya dengan kecepatan tinggi.

Untuk itu, Anda benar-benar harus memperhatikan kondisi mesin motor saat digunakan berkendara. Jika Anda tengah menempuh jarak jauh, sebaiknya cari tempat peristirahatan sesekali setelah dirasa mesin sudah terlalu panas. Ini guna menghindari terjadinya kerusakan pada mesin sekaligus hal-hal tak terduga yang lain.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5018 seconds (0.1#10.140)