3 Ciri Knalpot Mobil Bocor, Wajib Diwaspadai

Senin, 20 Juni 2022 - 15:12 WIB
loading...
3 Ciri Knalpot Mobil Bocor, Wajib Diwaspadai
Sedikitnya ada tiga ciri knalpot mobil bocor yang perlu diwaspadai pengendara. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tiga ciri knalpot mobil bocor yang perlu diwaspadai pengendara . Dengan memahami ulasan ini, pemilik kendaraan setidaknya bisa mengetahui tanda-tanda yang mengindikasikan knalpot mobilnya bocor.

Sama halnya dengan komponen lain, knalpot juga memiliki fungsi yang penting pada mobil. Salah satunya adalah sebagai saluran pembuangan gas dari sisa-sisa pembakaran.

Baca juga : Ini Penyebab Keluar Asap Hitam dari Knalpot Mobil

Dalam penggunaannya, terkadang pengendara jarang memperhatikan komponen ini. Akibatnya, beberapa masalah bisa muncul, seperti terjadinya kebocoran pada knalpot. Umumnya, knalpot bocor disebabkan oleh faktor umur kendaraan tersebut. Seperti yang diketahui, knalpot terbuat dari besi sehingga seiring penggunaannya akan menyebabkan korosi.

Selain itu, masa pakai knalpot juga dipengaruhi dari kualitas knalpot. Biasanya, knalpot dengan kualitas baik akan memiliki usia pakai yang lebih panjang dibandingkan knalpot dengan kualitas buruk.

Lantas, apa sajakah ciri knalpot mobil bocor? Dilansir dari situs Auto 2000, berikut ulasannya :

1. Kabin Mengeluarkan Bau Menyengat

Ciri pertama bisa ditunjukan dari munculnya bau menyengat dari dalam kabin. Jika dicermati, sebenarnya tanda ini sangat mudah dikenali. Namun, faktanya justru pemilik kendaraan sering tidak menyadarinya.

Bau menyengat ini biasanya muncul karena asap pembakaran tidak bisa keluar dengan optimal melalui knalpot. Sehingga bisa masuk ke tempat lain dan menyebabkan munculnya bau yang menyengat.

2. Tenaga Mobil Melemah
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1456 seconds (11.210#12.26)