3 Ciri Knalpot Mobil Bocor, Wajib Diwaspadai

Senin, 20 Juni 2022 - 15:12 WIB
loading...
3 Ciri Knalpot Mobil Bocor, Wajib Diwaspadai
Sedikitnya ada tiga ciri knalpot mobil bocor yang perlu diwaspadai pengendara. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tiga ciri knalpot mobil bocor yang perlu diwaspadai pengendara . Dengan memahami ulasan ini, pemilik kendaraan setidaknya bisa mengetahui tanda-tanda yang mengindikasikan knalpot mobilnya bocor.

Sama halnya dengan komponen lain, knalpot juga memiliki fungsi yang penting pada mobil. Salah satunya adalah sebagai saluran pembuangan gas dari sisa-sisa pembakaran.

Baca juga : Ini Penyebab Keluar Asap Hitam dari Knalpot Mobil

Dalam penggunaannya, terkadang pengendara jarang memperhatikan komponen ini. Akibatnya, beberapa masalah bisa muncul, seperti terjadinya kebocoran pada knalpot. Umumnya, knalpot bocor disebabkan oleh faktor umur kendaraan tersebut. Seperti yang diketahui, knalpot terbuat dari besi sehingga seiring penggunaannya akan menyebabkan korosi.

Selain itu, masa pakai knalpot juga dipengaruhi dari kualitas knalpot. Biasanya, knalpot dengan kualitas baik akan memiliki usia pakai yang lebih panjang dibandingkan knalpot dengan kualitas buruk.

Lantas, apa sajakah ciri knalpot mobil bocor? Dilansir dari situs Auto 2000, berikut ulasannya :

1. Kabin Mengeluarkan Bau Menyengat

Ciri pertama bisa ditunjukan dari munculnya bau menyengat dari dalam kabin. Jika dicermati, sebenarnya tanda ini sangat mudah dikenali. Namun, faktanya justru pemilik kendaraan sering tidak menyadarinya.

Bau menyengat ini biasanya muncul karena asap pembakaran tidak bisa keluar dengan optimal melalui knalpot. Sehingga bisa masuk ke tempat lain dan menyebabkan munculnya bau yang menyengat.

2. Tenaga Mobil Melemah

Ciri knalpot mobil bocor yang berikutnya adalah tanaga mobil yang melemah. Kondisi kebocoran pada knalpot akan mempengaruhi performa dari mobil. Salah satunya adalah membuat dayanya menjadi loyo.

Pemilik kendaraan wajib untuk segera menangani masalah ini, karena kerusakan bisa semakin parah dan menjalar ke komponen lainnya. Selain itu, penggunaan bahan bakar juga menjadi lebih boros. Alasannya karena kondisi tersebut akan membuat mesin tidak bisa bergerak di putaran RPM yang rendah.

Baca juga : Kenali Penyebab Knalpot Mobil Keluar Air, Apakah Berbahaya?

3. Muncul Bunyi Bising dari Mesin

Selain muncul bau menyengat dan tenaga mobil yang melemah, kebocoran knalpot juga bisa dikenali dari bunyi bising dari mesin. Awalnya mungkin akan terlihat normal, namun jika terus dibiarkan bisa berakibat lebih buruk.

Dalam hal ini, pemilik kendaraan bisa memeriksanya sendiri. Caranya dengan menyalakan mobil, lalu coba dengarkan suara yang berasal dari bagian bawah mobil. Jika timbul suara bising, maka ada indikasi knalpot kendaraan tersebut bocor.

Demikian ulasan mengenai ciri knalpot mobil bocor yang perlu diwaspadai pengendara. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1884 seconds (0.1#10.140)