6 Ciri Klep Mesin Mobil Bocor, Waspada!

Kamis, 23 Juni 2022 - 13:32 WIB
loading...
6 Ciri Klep Mesin Mobil Bocor, Waspada!
Sedikitnya ada enam ciri klep mesin mobil bocor. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada enam ciri klep mesin mobil bocor. Dengan memahami ulasan ini, setidaknya Anda bisa mengetahui tanda-tanda kebocoran pada klep mesin kendaraan .

Secara umum, klep mesin mobil dibuat dari bahan karet. Fungsinya adalah menyekat mesin dengan klep yang berada di ruang pembakaran. Walaupun terbuat dari karet, klep ini juga memiliki masa pakai terbatas.

Baca juga : 5 Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

Kondisi klep yang bermasalah atau kehabisan masa pakai bisa berakibat buruk pada kendaraan. Salah satu adalah kebocoran klep tersebut. Dalam hal ini, pemilik kendaraan perlu segera mengatasinya, agar tidak menimbulkan kerusakan pada komponen lainnya.

Lantas, apa sajakah ciri klep mesin mobil yang bocor? Dilansir dari situs Moladin, berikut ulasannya!

1. Tenaga Mobil Berkurang

Kondisi kebocoran pada klep mesin mobil bisa menyebabkan tenaga mesin menjadi loyo. Normalnya, saat semua komponen dalam keadaan baik, performa yang dihasilkan mesin pun akan baik juga.

Namun, ketika mobil tiba-tiba kehilangan tenaganya sedangkan kompresi dalam keadaan baik, maka kemungkinan besar terjadi masalah pada klep mesin. Biasanya, hal ini terjadi karena oli masuk ruang bakar dan membuat pembakaran terganggu. Hasilnya, tenaga mobil menjadi berkurang.

2. Knalpot Mengeluarkan Asap Putih

Asap putih ini muncul karena oli masuk ke ruang bakar melalui celah batang klep dan bosh klep yang bocor. Tak hanya itu, oli juga bisa menjalar ke ujung elektroda busi. Dalam hal ini, mesin bisa dipenuhi kerak karbon dari oli tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)