6 Ciri Klep Mesin Mobil Bocor, Waspada!

Kamis, 23 Juni 2022 - 13:32 WIB
loading...
6 Ciri Klep Mesin Mobil Bocor, Waspada!
Sedikitnya ada enam ciri klep mesin mobil bocor. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada enam ciri klep mesin mobil bocor. Dengan memahami ulasan ini, setidaknya Anda bisa mengetahui tanda-tanda kebocoran pada klep mesin kendaraan .

Secara umum, klep mesin mobil dibuat dari bahan karet. Fungsinya adalah menyekat mesin dengan klep yang berada di ruang pembakaran. Walaupun terbuat dari karet, klep ini juga memiliki masa pakai terbatas.

Baca juga : 5 Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

Kondisi klep yang bermasalah atau kehabisan masa pakai bisa berakibat buruk pada kendaraan. Salah satu adalah kebocoran klep tersebut. Dalam hal ini, pemilik kendaraan perlu segera mengatasinya, agar tidak menimbulkan kerusakan pada komponen lainnya.

Lantas, apa sajakah ciri klep mesin mobil yang bocor? Dilansir dari situs Moladin, berikut ulasannya!

1. Tenaga Mobil Berkurang

Kondisi kebocoran pada klep mesin mobil bisa menyebabkan tenaga mesin menjadi loyo. Normalnya, saat semua komponen dalam keadaan baik, performa yang dihasilkan mesin pun akan baik juga.

Namun, ketika mobil tiba-tiba kehilangan tenaganya sedangkan kompresi dalam keadaan baik, maka kemungkinan besar terjadi masalah pada klep mesin. Biasanya, hal ini terjadi karena oli masuk ruang bakar dan membuat pembakaran terganggu. Hasilnya, tenaga mobil menjadi berkurang.

2. Knalpot Mengeluarkan Asap Putih

Asap putih ini muncul karena oli masuk ke ruang bakar melalui celah batang klep dan bosh klep yang bocor. Tak hanya itu, oli juga bisa menjalar ke ujung elektroda busi. Dalam hal ini, mesin bisa dipenuhi kerak karbon dari oli tersebut.

3. Idle Mesin Butuh Waktu Lama

Ciri klep mesin mobil bocor yang berikutnya adalah idle mesin yang lama. Biasanya hal ini terjadi saat mobil tiba-tiba melakukan manuver pengereman.

Jadi, saat keadaan mobil melaju namun melakukan pengereman setelahnya, mesin sementara tetap berada di putaran tinggi, karena idlenya membutuhkan waktu yang cukup lama.

4. Berkurangnya Oli Mesin

Pada kebocoran klep mesin mobil, oli akan menjadi lebih boros karena ikut terbawa ke ruang bakar kendaraan. Jadi, semisal mobil awalnya memiliki volume oli sekitar 5 liter, akibat kebocoran ini volumenya akan semakin berkurang.

Dalam hal ini, pengendara tidak boleh meremehkannya. Karena jika terus dibiarkan, kondisi ini bisa merusak komponen lain pada mobil. Maka dari itu, akan lebih baik jika pemilik kendaraan segera mengambil tindakan.

Baca juga : Tahapan Mencuci Mesin Mobil yang Benar

5. Mobil Terasa Ngerem Terus

Pada beberapa kasus, kebocoran klep bisa membuat mobil terasa ngerem saat pengendara melepas pedal gas. Usut punya usut, hal ini biasanya terjadi akibat klep mesin yang mulai aus.

Jadi, saat pengemudi melepas pedal gas, udara dan bahan bakar yang terbakar akan berkurang. Akan tetapi, dengan kebocoran ini, oli akan ikut masuk ke ruang pembakaran dan turut terbakar juga. Imbasnya, tenaga mesin akan menjadi loyo dan mobil terasa ngerem terus.

6. Suara Mesin Kasar

Selain beberapa ciri atau tanda di atas, kebocoran klep juga bisa diketahui dari suara mesin mobil yang kasar. Pada kondisi ini, kebocoran akan membuat oli pelumas perlahan ikut terbakar. Hasilnya, bisa timbul masalah seperti munculnya bunyi kasar dari mesin.

Demikian ulasan mengenai ciri klep mesin mobil bocor yang wajib diwaspadai pemilik kendaraan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1792 seconds (11.210#12.26)