5 Masalah Akibat Oli Transmisi Kurang, Penting Diketahui

Jum'at, 24 Juni 2022 - 13:36 WIB
loading...
5 Masalah Akibat Oli Transmisi Kurang, Penting Diketahui
Sedikitnya ada lima masalah pada mobil yang disebabkan akibat oli transmisi kurang. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima masalah pada mobil yang disebabkan akibat oli transmisi kurang. Oli dalam sistem transmisi berfungsi untuk menjaga lapisan mesin supaya terlindungi dari gesekan.

Oli transmisi pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan oli mesin. Cara perawatannya juga diperlukan pergantian secara berkala. Sehingga oli ini juga perlu diganti secara manual hingga penuh.

Baca juga : Cara Membaca Dipstick Oli Mobil dengan Mudah

Apabila oli transmisi ini kurang maka akan menimbulkan masalah pada sistem transmisi mobil. Bila transmisi ini bermasalah maka akan mengalami kesulitan dalam mengendalikan laju mobil. Namun tidak hanya itu saja, terdapat masalah lain yang bisa muncul disebabkan oleh kurangnya oli transmisi.

Berikut lima masalah akibat oli transmisi kurang seperti dilansir Auto200 :

1. Munculnya Bunyi saat Memindahkan Gigi

Masalah akibat oli transmisi kurang yang pertama adalah muncul bunyi saat memindahkan gigi. Jika terdengar bunyi saat sedang memindahkan gigi, bisa dipastikan terdapat gangguan pada sistem transmisi. Karena pada kondisi normal seharusnya tidak menghasilkan bunyi. Penyebab utama masalah ini adalah kurangnya oli transmisi.

Karena itu perlu melakukan pengecekan pada sistem transmisi. dengan cara menarik dipstick pada tangki oli transmisi mobil. Bila oli transmisi terlihat kurang dari batas minimal, maka segeralah untuk melakukan pengisian ulang. Lakukanlah pengisian ulang dengan oli transmisi yang sesuai dengan tipe mobil.

2. Perpindahan Gigi Tersendat

Oli transmisi yang kurang juga dapat membuat perpindahan gigi tersendat. Bagi mobil bertransmisi manual masalah ini akan sangat terasa. Ketika akan memasukkan gigi, roda gigi biasanya sulit untuk berpindah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2283 seconds (0.1#10.140)