6 Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai, Kenali dan Pahami

Senin, 04 Juli 2022 - 15:22 WIB
loading...
6 Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai, Kenali dan Pahami
Sedikitnya ada enam cara merawat mobil yang jarang dipakai. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada enam cara merawat mobil yang jarang dipakai. Dengan memahaminya, Anda tidak perlu khawatir mobil mengalami kerusakan meski tidak pernah dipakai.

Terkadang, seorang pemilik kendaraan tidak menggunakan mobilnya dalam jangka waktu tertentu. Dalam hal ini, alasannya cukup beragam. Ada sebagian yang memiliki mobil lebih dari satu. Sedangkan ada juga yang sudah beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

Baca juga : 4 Tips Merawat Mobil di Musim Hujan Ekstrem

Apapun alasannya, pengendara harus tetap merawat mobilnya. Bukan tanpa alasan, hanya saja untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan yang muncul saat kendaraan jarang digunakan.

Dilansir dari Auto 2000, berikut cara merawat mobil yang jarang dipakai :

1. Memanaskan Mobil secara Rutin

Cara yang paling umum adalah dengan memanaskan mesin mobil setiap harinya. Meskipun kendaraan tidak akan digunakan, hendaknya pengemudi menyempatkan waktunya untuk menyalakan mobil selama beberapa saat.

Alasannya sederhana. Hal ini dilakukan agar oli tidak menggumpal sehingga semua komponen akan tetap terlumasi. Dalam jangka panjang, cara ini bisa menghindarkan mesin terkena korosi.

2. Penuhi Bahan Bakar

Pada kendaraan yang jarang dipakai, jangan biarkan tangki bensinnya kosong. Hal ini untuk menghindari adanya ruang kosong pada tangki.

Udara dalam tangki bisa menimbulkan embun sehingga berpotensi memunculkan karat di dalamnya. Maka dari itu, pemilik kendaraan wajib mengisi bahan bakar mobilnya walaupun jarang digunakan.

3. Bersihkan Eksterior Mobil secara Berkala

Cara merawat mobil yang jarang dipakai berikutnya adalah membersihkan eksterior mobilnya secara berkala. Pada mobil yang jarang dipakai, debu atau kotoran lain bisa hingga di body mobil.

Debu tersebut bisa membuat komponen lain rusak jika tidak segera dibersihkan. Maka dari itu, pengendara wajib memperhatikan kebersihan eksterior mobilnya meski jarang digunakan.

4. Periksa Tekanan Angin

Volume angin pada mobil bisa berkurang, terlebih jika kendaraan di parkir dalam garasi berubin dingin. Dalam hal ini, pengendara bisa memeriksanya sesekali untuk menghindari ban kempes ketika akan digunakan.

Selain itu, ban kempes ini juga bisa merusak velg mobil. Untuk meminimalisir hal tersebut, pengendara bisa mengisi tekanan angin jika kondisi ban mobilnya kempes.

Baca juga : 4 Tips Merawat Mobil di Musim Hujan Ekstrem

5. Periksa Oli Mesin

Oli pada mobil berfungsi sebagai pelumas untuk melindungi komponen mesin agar tidak aus. Pada kondisi mobil yang jarang digunakan, kualitas oli bisa ikut terpengaruh.

Pengendara bisa memastikannya sendiri dengan memeriksanya. Lihat volume oli serta kualitasnya. Jika dirasa sudah tidak bagus, hendaknya segera diganti dengan yang baru.

6. Pastikan Keamanan Mobil

Kejahatan tidak memandang tempat maupun waktu. Maka dari itu, pemilik kendaraan wajib memastikan keamanan mobilnya yang jarang digunakan. Jika memiliki garasi, pastikan kunci garasi sudah kuat sehingga tidak mudah untuk dibobol.

Sedangkan jika diparkir didepan rumah, pastikan mobil telah terkunci dengan benar. Atau bisa juga jika memungkinkan pasang alarm anti maling pada mobil.
Demikian ulasan mengenai cara merawat mobil yang jarang dipakai. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0937 seconds (10.177#12.26)