Ini Cara Memperpanjang Masa Pakai Aki Mobil Supaya Awet Agar Kantong Tidak Jebol

Selasa, 12 Juli 2022 - 09:45 WIB
loading...
Ini Cara Memperpanjang Masa Pakai Aki Mobil Supaya Awet Agar Kantong Tidak Jebol
Cara memperpanjang masa pakai aki mobil perlu dipahami agar biaya pengeluaran perawatan mobil Anda lebih ekonomis. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Cara memperpanjang masa pakai aki mobil supaya awet perlu dipahami agar pengeluaran tidak membengkak dan bikin Anda miskin. Pasalnya saat ini harga aki mobil tidak murah.

Aki Maintenance Free, yang banyak digunakan saat ini, berkisar di harga Rp900.000-an hingga Rp1 jutaan. Harga bakal lebih mahal lagi jika aki yang digunakan adalah aki khusus ISS atau Idling Stop System (ISS) atau yang bisa mati dan nyala sendiri jika mobil dalam keadaan idle atau berhenti sementara. Aki ISS dijual rata-rata di atas harga Rp2,5 jutaan.

Tentu harga itu akan sangat berat jika masa pakai aki tidak sesuai harapan. Biasanya lama bertahannya aki mobil ini juga tergantung pada jenis mobil. Rata rata usia aki mobil ini bisa bertahan selama 2 hingga 5 tahun.

Namun jangan resah karena masa pakai aki ternyata bisa diperpanjang tergantung pemakaian dan perawatan. Namun selain kedua faktor tersebut, ternyata faktor cuaca atau suhu yang terlalu panas juga bisa memengaruhi masa pakai aki mobil.

Mesin yang berjalan di bawah kap mesin sudah menghasilkan panas tingkat tinggi. Ditambah mobil yang dipakai dalam kondisi cuaca panas terik, semakin tinggi ujian aki tersebut.



Ini Cara Memperpanjang Masa Pakai Aki Mobil Supaya Awet Agar Kantong Tidak Jebol


Suhu panas ini bisa menyebabkan cairan pada aki mobil, khususnya aki basah bisa menguap hingga bisa merusak struktur internal aki. Oleh karena itu usia aki mobil di daerah beriklim hangat cenderung lebih pendek.

Mobil yang jarang dipakai juga bisa memperpendek masa pakai aki. Mesin mobil yang jarang menyala membuat pengisian daya aki lebih minim dan mengakibatkan komponen tersebut kehilangan muatan listrik.

Untuk mobil yang jarang dipakai tentunya bisa dipanaskan secara rutin sehingga aku tidak akan kehilangan muatan listrik. Sehingga meskipun mobil tidak pernah dipakai berhari hari, kondisi aki bisa masih terjaga.

Pastikan pula aki selalu terikat dengan baik dengan klemnya. Apabila tidak maka aki dapat bergetar dan berpotensi menyebabkan korsleting. Sehingga pengendara perlu teliti supaya tidak terjadi masalah ini.



Bila mobil sering dipakai saat malam, jangan lupa juga untuk mematikan lampu. Menyalakan lampu depan dan lampu pintu mobil secara tidak sengaja dapat menyebabkan aki mobil kehilangan daya secara cepat.

Daya aki akan terus terpakai, sehingga aki terkuras sampai kosong dan kering, yang berpotensi menyebabkan masalah pada komponen-komponen internal aki.

Tips cara memperpanjang masa pakai aki mobil yang terakhir adalah selalu usahakan mengecek korosi dan kondisi aki. Rutinlah melakukan pengecekan pada kedua kutub aki mobil. Pastikan tidak ada karat atau kotoran yang menempel agar usianya panjang.

Jadi, pastikan masa pakai aki mobil bisa optimal. Dengan menjaga usia aki tentu akan membuat lebih hemat dalam perawatan mobil.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)