BMW Perkenalkan Mesin V8 Hybrid, Jantung Turbo Hypercar

Senin, 18 Juli 2022 - 10:17 WIB
loading...
BMW Perkenalkan Mesin V8 Hybrid, Jantung Turbo Hypercar
BMW telah mulai menguji BMW M Hybrid V8, WEC Hypercar Class yang akan dibawa BMW kembali ke Le Mans. Foto/BMW/carbuzz
A A A
BERLIN - BMW telah mulai menguji BMW M Hybrid V8, WEC Hypercar Class yang akan dibawa BMW kembali ke Le Mans. Di jantung hypercar terdapat mesin V8 hybrid , dan ini bukan V8 biasa seperti yang ditemukan di BMW M5 CS.

BMW telah menyiapkan mesin yang berbasiskan mesin DTM yang digunakan pada mobil BMW M4 DTM antara tahun 2017 hingga 2018. Tentu saja mesin yang dijuluki BMW P66/3 ini membutuhkan penyesuaian yang cukup banyak agar bisa cocok untuk berlari dalam lomba ketahanan paling terkenal di dunia.

Salah satu penyesuaian terbesar adalah mesin sekarang menjadi komponen penahan beban. Itu berarti motor mesin tidak hanya dibutuhkan untuk menggerakkan mobil, tetapi juga untuk menjaga mobil agar tidak bergetar sendiri.

Baca juga; BMW Hadirkan New BMW M135i xDrive dan New BMW M235i xDrive Gran Coupé di Surabaya

Jadi juga menghemat berat, karena dapat digunakan dalam sasis monokok tanpa subframe tambahan. Selain itu, BMW juga mempertimbangkan turbo empat silinder dari mobil M4 DTM lainnya dan turbo V8 dari mobil BMW M8 GTE.

“Itu menghemat waktu dan banyak uang kami dan karenanya efisien dan berkelanjutan. Efisiensi adalah faktor penting untuk proyek ini, karena kami memiliki waktu yang sangat singkat antara memulai dan penampilan balap pertama di Daytona pada tahun 2023,” kata Ulrich Schulz, Kepala Desain Drivetrain di BMW M Motorsport dikutip SINDOnews dari laman carbuzz, Senin (18/7/2022).

Beberapa revisi dilakukan sebelum BMW menyelesaikan mesin torsi 640-hp/479 lb-ft ini. Fokusnya adalah pada daya tahan, peningkatan kinerja, dan manajemen suhu. P66/3 dirakit dengan susah payah setelah banyak uji coba.

Baca juga; Sambutlah BMW X8, Versi Sporty dan Stylish dari BMW X7
BMW Perkenalkan Mesin V8 Hybrid, Jantung Turbo Hypercar


Blok silinder dan kepala dibuat ulang di pengecoran BMW di Landshut dan sistem injeksi ulang untuk injeksi langsung. BMW juga menggunakan pengetahuan Formula E untuk mengintegrasikan motor listrik yang dibutuhkan.

Untuk pertama kalinya pada akhir Juni, dua komponen penggerak (mesin gas dan motor listrik) bergabung. BMW mengatakan api-up itu sukses. Pada akhir bulan ini, pengujian akan dimulai setelah peluncuran di Varano de Melegari.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1960 seconds (11.210#12.26)