Ini 5 Cara Memperbaiki Mobil Penyok, Dijamin Irit Biaya

Senin, 18 Juli 2022 - 20:00 WIB
loading...
Ini 5 Cara Memperbaiki Mobil Penyok, Dijamin Irit Biaya
Cara memperbaiki mobil penyok ternyata bisa dilakukan sendiri dengan biaya yang relatif lebih terjangkau. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Cara memperbaiki mobil penyok ternyata bisa Anda lakukan secara mandiri agar tidak kaget atau shock jika dilakukan tenaga profesional. Bukan rahasia lagi jika perbaikan mobil penyok yang melibatkan tenaga profesional akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Anda sebenarnya bisa melakukannya secara mandiri untuk menekan biaya pengeluaran. Tapi sebelum jauh memahaminya, tidak semua penyok atau kerusakan yang ada di mobil bisa Anda perbaiki tanpa bantuan orang lain.

Kerusakan atau penyok yang lebih parah tentu tetap membutuhkan bantuan tenaga profesional. Penyok yang bisa diatasi sendiri hanyalah kerusakan ringan yang memang tidak terlalu berat.

Beberapa penyok yang masuk kategori ringan di antaranya adalah di bawah ini:

1. Penyok pada bagian lambung kanan dan kiri.

2. Penyok pada bumper plastik.

3. Penyok pada pintu.

4. Penyok yang terjadi bukan karena kecelakaan.

5. Penyok di bagian mobil yang di dalamnya ada tulangan.

6. Penyok tidak di bagian sudut.



Nah, daripada shock terus lebih baik cermati 5 cara memperbaiki mobil penyok yang masuk dalam kategori penyok ringan di bawah ini:

1. Menggunakan Penyedot Wastafel

Salah satu metode memperbaiki mobil penyok yang paling popular adalah menggunakan penyedot wastafel dan air panas. Caranya adalah dengan menyiram bagian mobil yang penyok dengan air panas. Setelahnya tempatkan dan tekan penyedot wastafel di bagian yang penyok dan tarik ke arah luar.

Usahakan penyedot wastafel ditekan sempurna sehingga bisa menarik bagian mobil yang penyok kembali normal. Sesuaikan juga air panas yang digunakan dengan tingkat kepenyokan.

2. Menggunakan Botol dan Lem Tembak

Metode memperbaiki body mobil yang penyok dengan botol dam lem tembak sebenarnya hampir sama dengan menggunakan penyedot wastafel.

Caranya pun kurang lebih sama. Terlebih dulu pemilik mobil harus menyiram bagian mobil yang penyok dengan air panas. Setelahnya pasang lem tembak di bagian tutup botol. Utamakan botol yang tutup mulutnya berukuran besar.

Setelah lem tembak terpasang di ujung botol maka tempelkan di bagian yang penyok. Setelah itu tarik ke arah luar agar body mobil yang penyok kembali seperti semula.

Metode ini kekurangannya adalah pemilik mobil masih harus membersihkan bekas lem yang nempel di body mobil.

3. Menggunakan Hair Dryer dan Cairan Karbondioksida

Cara ini sebenarnya sangat praktis. Hanya saja harus repot membeli cairan kimia yakni karbondioksida di toko-toko kimia.
Pertama-tama siapkan terlebih dahulu pengering rambut dan sebotol cairan karbondioksida cair.

Nyalakan hair dryer kemudian arahkan udara panas ke bodi mobil yang mengalami penyok. Lakukan hal itu terus menerus hingga dirasa cukup panas. Memanaskan area tersebut akan berbeda dari setiap kondisi penyok pada mobil kamu. Untuk bagian penyok yang besar biasanya membutuhkan setidaknya 3-5 menit.

Setelah itu, segera semprotkan karbondioksida cair pada bagian yang telah dipanaskan. Kemudian tekan-tekan kembali sampai kembali lagi ke bentuk asalnya.



4. Menggunakan PDR

Metode ini cukup membutuhkan uang dalam jumlah besar. Hanya saja masih tetap lebih murah dibanding membawanya ke bengkel body repair.

Caranya adalah dengan menggunakan alat Paintless Dent Removal (PDR). Saat ini di toko-toko online harganya dijual bervariasi dari Rp50.000 hingga Rp500.000.

Cara penggunaannya cukup mudah Anda tinggal menempelkan alat khusus yang ada di PDR ke body mobil yang penyok. Caranya dengan menambahkan lem tembak ke bagian alat tersebut. Setelah ditempelkan Anda tinggal menarik alat itu dengan alat penarik yang juga disediakan.

Selain teknik itu, PDR juga memiliki beberapa besi khusus yang memang bisa digunakan untuk mendorong bagian mobil yang penyok dari dalam. Jadi berbeda dengan ketok magic yang menariknya dari luar.

5. Menggunakan Pops A Dent

Metode ini juga membutuhkan alat tambahan yakni Pops A Dent. Alat ini bisa Anda beli di toko-toko online. Hasil dari penggunaan Pops A Dent bergantung pada ukuran dan lokasi kerusakan mobil.

Alat ini hanya bisa digunakan pada mobil yang memiliki cat bodi mobil asli dari pabriknya. Kalau digunakan pada mobil yang warnanya sudah terkelupas, hal itu bisa menyebabkan cat yang terkelupas makin banyak.

Cara penggunaannya hampir sama dengan yang lain. Pilih pad lem yang sesuai dengan ukuran penyok pada mobil.Setelahnya panaskan glue stick tidak lebih dari 5 menit. Biarkan lem mengering selama kurang lebih 5 menit. Pastikan lem benar-benar lengket.Saat sudah cukup menempel, pasang alat khusus dari Pops A Dent. Setelah terpasang sempurna tarik ke arah keluar agar body yang penyok kembali normal.

Catatan, setiap metode yang diberikan di atas perlu diulangi beberapa kali agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Tapi jika memang belum memenuhi keinginan berarti penyok yang ada di mobil cukup berat. Untuk itu Anda membutuhkan bantuan tenaga profesional mulai dari ketok magic atau body repair di bengkel resmi.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)