Ini 4 Ciri-ciri Piston Motor Rusak atau Aus yang Harus Diperhatikan

Rabu, 20 Juli 2022 - 06:30 WIB
loading...
Ini 4 Ciri-ciri Piston Motor Rusak atau Aus yang Harus Diperhatikan
Ciri-ciri piston motor rusak atau aus yang harus diperhatikan oleh pemilik motor agar tidak rugi kemudian hari. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri piston motor rusak atau aus perlu diketahui pengendara supaya tidak menjadi masalah serius nantinya. Piston merupakan komponen yang berada di dalam tabung mesin pembakaran.

Tanpa adanya komponen ini, mesin tidak akan bisa dinyalakan. Bila kondisi piston tidaklah bagus maka kendaraan sewaktu-waktu bisa mogok. Hal itu tentunya tidak ingin dialami oleh semua pemilik motor.

Jadi, melakukan perawatan kendaraan harus rutin dilakukan supaya performa tetap optimal. Pasalnya apabila telah terjadi kerusakan pastinya akan lebih memakan biaya.

Nah, daripada rugi kemudian hari, yuk cermati 4 Ciri-ciri piston motor rusak atau aus yang harus diperhatikan di bawah ini:



1. Tenaga Mesin Menurun

Apabila tenaga motor menurun padahal gas telah diputar dengan maksimal ini bisa jadi piston motor mengalami kerusakan. Pembakaran yang tidak sempurna membuat tenaga yang dihasilkan sangat kecil.

Biasanya hal ini terjadi karena piston tidak terpasang dengan benar. Atau motor terlalu sering dipakai untuk perjalanan jarak jauh.

2. Knalpot Mengeluarkan Banyak Asap

Hal yang bisa menimbulkan ini kemungkinan besar terjadi karena piston mengalami kerusakan. Piston ring yang aus atau bermasalah bisa membuat oli merembes sehingga menuju ke ruang bahan bakar mesin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)