Cara Cek Aki Motor Lemah Biar Tak Mogok di Tengah Jalan

Kamis, 21 Juli 2022 - 14:00 WIB
loading...
Cara Cek Aki Motor Lemah Biar Tak Mogok di Tengah Jalan
Cara Cek Aki Motor Lemah tidak hanya bisa dilakukan menggunakan volt meter tapi juga dengan cara lain. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Cara cek aki motor lemah perlu diketahui agar pengemudi motor tidak kerepotan di tengah jalan karena mogok . Pasalnya aki motor yang melemah bisa terjadi kapan saja selama tidak diperhatikan oleh pemilik motor.

Apalagi saat ini hampir kebanyakan motor yang beredar di jalan adalah motor injeksi. Aki yang lemah justru akan membuat performa motor injeksi tidak akan maksimal. Bahkan beberapa sistem operasional motor injeksi akan tidak normal.

Kebanyakan dari motor injeksi juga tidak dilengkapi dengan kick starter. Jadi pemilik motor injeksi tentu sangat kerepotan apabila mogok di tengah jalan karena aki lemah. Pasalnya mereka tidak bisa menyalakan mesin motor lagi dengan bantuan kick starter.

Diketahui, saat ini aki motor dijual dalam dua pilihan yakni Maintenance Free (MF) dan aki basah. Aki basah memang mewajibkan penggunanya untuk memeriksa kondisi aki dalam periode tertentu.

Baca juga : Bonge Pamer Toyota Vellfire di Instagram, Ini Bedanya dengan Alphard


Sebaliknya aki MF, sesuai namanya, tidak perlu mendapatkan perawatan khusus. Tapi jangan salah sangka dulu. Perawatan yang kurang baik dan masa pakai yang sudah terlampau lama juga bisa bikin aki MF lemah.

Nah, dari situ perlu dipahami bagaimana cek aki motor yang lemah. Berikut tanda-tanda yang bisa Anda cermati:

1. Usia Pakai Aki Motor

Aki motor memiliki usia pakai yang telah ditentukan sebelumnya. Saat ini biasanya jika membeli aki dari toko-toko resmi akan mendapatkan informasi kapan waktunya aki motor harus diganti. Ada juga toko yang mengirimkan pesan pendek ke pemilik motor untuk pergantian aki jika memang waktu penggunaan telah lewati batas waktu.

Biasanya usia pakai aki motor mencapai empat tahun. Saat ini banyak pemilik motor yang mempertahankan motor mereka lebih dari empat tahun.Jadi jika memang sudah lewat waktu empat tahun sebaiknya segera diganti.

2. Lampu Indikator Aki Berkedip
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2250 seconds (0.1#10.140)