Kalah Jumlah Mobil, Mitsubishi Yakin Masih Bisa Bersaing di Papan Atas

Minggu, 24 Juli 2022 - 14:00 WIB
loading...
Kalah Jumlah Mobil, Mitsubishi Yakin Masih Bisa Bersaing di Papan Atas
Mitsubishi hanya menjual tiga model mobil penumpang di pasar otomotif Indonesia. Selain Mitsubishi Pajero Sport model lainnya adalah Mitsubishi Xpander-Xpander Cross dan Mitsubishi Outlander PHEV. Foto/DOK.MMKSI
A A A
JAKARTA - Mitsubishi saat ini hanya bermodalkan tiga mobil penumpang di pasar otomotif Indonesia. Padahal kompetitor banjir dengan model-model baru.

Tahun ini saja Mitsubishi hanya menjual tiga mobil penumpang yakni Mitsubishi Pajero Sport, Mitsubishi Xpander-Xpander Cross dan Mitsubishi Outlander PHEV. Sebenarnya ada dua model lain yakni Mitsubishi Triton dan Mitsubishi Colt L300. Hanya saja dua mobil pekerja itu masuk kategori mobil niaga ringan.

Beda dengan Mitsubishi, pabrikan mobil lain justru dilimpahi oleh banyak model. Ambil contoh Toyota yang saat ini jualan Toyota Avanza, Toyota Veloz, Toyota Rush, Toyota Sigra, Toyota Calya, Toyota Corolla Cross, Toyota Volxy, Toyota Alphard, Toyota Agya, Toyota Yaris, Toyota C-HR, Toyota Innova, Toyota Venturer, Toyota Vellfire, Toyota Alphard, Toyota Supra, Toyota GR Yaris, Toyota 86, Toyota Camry, Toyota Vios hingga Toyota Corolla Altis.

Bahkan jika dibandingkan dengan Hyundai, yang saat ini sudah all-out berjualan, Mitsubishi masih kalah jauh. Hyundai setidaknya punya Hyundai CRETA, Hyundai Santa Fe, Hyundai Palisade, Hyundai Stargazer, Hyundai Staria, Hyundai Ioniq 5, Hyundai KONA Electric, Hyundai Ioniq Electric.



Kalah Jumlah Mobil, Mitsubishi Yakin Masih Bisa Bersaing di Papan Atas


Sebenarnya Mitsubishi juga pernah punya lini kendaraan yang lengkap mulai dari hatchback seperti Mitsubishi Mirage, Big MPV dengan Mitsubishi Delica, crossover SUV melalui Mitsubishi Outlander Sport, dan medium SUV yakni Mitsubishi Eclipse Cross.

Sayangnya seluruh mobil itu sudah tidak dijual lagi di Indonesia. Padahal di negara-negara lain, nama-nama mobil itu masih terus dijual dengan tampilan yang lebih baru.

Uniknya, meski kalah jumlah mobil dengan kompetitor, Mitsubishi justru tetap yakin mampu bersaing di papan atas. Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengaku mereka masih sangat percaya diri menjadi yang terbaik di pasar otomotif Indonesia.

Pasalnya dua mobil buatan mereka, Mitsubishi Pajero Sport dan Mitsubishi Xpander -Xpander Cross selalu jadi nomor satu dan nomor dua di segmennya.



Kalah Jumlah Mobil, Mitsubishi Yakin Masih Bisa Bersaing di Papan Atas


Kami sangat percaya diri karena Pajero Sport dan Xpander itu sangat leading di setiap segmennya. Ada yang nomor satu ada yang nomor dua, dan sangat diapresiasi oleh masyarakat Indonesia," ujarnya.

Dia mengatakan Mitsubishi tidak asal-asalan menambah mobil baru ke lini produk mereka. Pasalnya saat ini mereka terlebih dulu harus melakukan survei yang mendalam ketika ingin membuat mobil baru yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.

Jadi mobil yang nantinya akan dijual benar-benar sangat cocok dan dibutuhkan oleh masyarakat. Bukan hanya untuk menambah porto folio mobil sehingga terkesan banyak.

"Namun kami tidak akan berhenti melakukan riset dan pengembangan untuk produk-produk yang akan disuplai dan dibutuhkan oleh masayrakat Indonesia. Ditunggu saja tanggal mainnya," pungkas Naoya Nakamura.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1803 seconds (0.1#10.140)