Pahami Cara Kerja Sistem AC Mobil, Agar Lebih Terawat dan Sejuk Sepanjang Jalan

Minggu, 24 Juli 2022 - 16:00 WIB
loading...
A A A
Di komponen ini akan terjadi proses penyerapan air dan kotoran yang terangkut freon. Penyaringan diperlukan agar kotoran tidak ikut masuk ke dalam sistem AC sehingga dapat merusak komponen di dalamnya.



Nantinya freon yang keluar dari receiver dryer akan berwujud cair dengan suhu dan tekanan tinggi untuk selanjutnya dikirim ke expansion valve. Pada bagian expansion valve, freon akan diuapkan agar tekanan dan suhu freon turun menjadi lebih rendah.

Expansion valve sendiri merupakan komponen yang memiliki lubang keluar berukuran kecil dan di sinilah tempat penguapan terjadi. Penguapan terjadi ketika freon bertekanan tinggi melewati lubang keluar expansion valve yang kecil kemudian freon akan keluar menjadi kabut atau uap. Selanjutnya, freon akan menuju ke evaporator.

Freon yang sudah berbentuk partikel kecil selanjutnya akan masuk ke evaporator yang mana saat ini freon sudah bersuhu dingin. Freon akan membuat suhu evaporator menjadi dingin. Selanjutnya, blower akan bertugas menekan udara keluar melalui evaporator.

Ketika udara melewati evaporator, udara akan menjadi lebih dingin. Sebab panas dari udara sudah diserap freon. Udara yang keluar dari evaporator ini sudah bersuhu dan bertekanan rendah tentunya.

Freon kemudian akan dikirim kembali ke kompresor agar dapat bersirkulasi lagi di sistem pendingin mobil kamu. Begitu seterusnya sampai AC dimatikan.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2184 seconds (0.1#10.140)