Dibekali Teknologi Perintah Suara, Suzuki Grand Vitara Resmi Meluncur

Selasa, 26 Juli 2022 - 08:51 WIB
loading...
Dibekali Teknologi Perintah Suara, Suzuki Grand Vitara Resmi Meluncur
, Suzuki Grand Vitara resmi meluncur di India. FOTO/ IST
A A A
NEW DELHI - Suzuki akhirnya memperkenalkan SUV kompak Grand Vitara dengan mesin hybrid ringan dan hybrid, setelah Toyota memperkenalkan model kembarnya Urban Cruiser Hyryder di pasar India.

Seperti dilansir dari Rushlane Selasa (26/7/2022). Grand Vitara 2023 hadir dengan desain eksterior yang menarik. Diantaranya adalah lampu depan tipis dan DRL terpisah, gril radiator besar dengan lapisan krom atau hitam dan saluran masuk udara di bagian bawah bemper.

BACA JUGA - Suzuki Bersiap Hadirkan Swift Facelft

Bagian belakang disorot dengan desain lampu LED horizontal tipis. Selain patung roda hitam untuk memberikan tampilan yang lebih kasar.

Vitara memiliki dimensi panjang 4.345mm, lebar 1.795mm, tinggi 1.645mm dengan jarak sumbu roda 2.600mm. Jarak sumbu roda sebenarnya sama dengan Suzuki S-Cross yang dikembangkan di platform Global C Suzuki TECT.

Kabinnya tidak jauh berbeda dengan Toyota Hyryder, kecuali kombinasi warna dan emblem Suzuki. Suzuki memilih jok kulit sintetis dengan kombinasi warna hitam dan burgundy pada dashboard, panel pintu dan jok. Pilihan warna hitam juga ditawarkan.

Konsol tengah yang menampung tombol kontrol AC dua zona juga disorot dengan lapisan aluminium. SUV ini hadir dengan layar sentuh 9 inci dengan fitur Suzuki Connect dan perintah suara. Untuk varian tertinggi, layarnya dipadukan dengan instrument cluster digital 7 inci dan head-up display.

Fitur menarik lainnya yang tersedia di Toyota Hyryder seperti panoramic roof, wireless charging, kursi ventilasi sistem audio premium, kamera 360 derajat dan ventilasi AC belakang tidak tersedia di Grand Vitara. Dari segi keselamatan, dilengkapi dengan enam airbag, Hill Descent Control dan banyak lagi.

Grand Vitara ditawarkan dengan dua mesin, yakni Progressive Smart Hybrid yang memadukan mesin Dual Jet VVT 1,5 liter k-series dengan sistem ISG 12 volt dan baterai Li-ion 6Ah. Mampu menghasilkan tenaga sekitar 101hp dan torsi 135Nm, Vitara dikawinkan dengan transmisi manual lima kecepatan atau otomatis enam kecepatan dengan paddle shifter dan penggerak semua roda depan atau AllGrip.

Mesin kedua adalah rentang hibrida penuh yang dikenal sebagai Electric Drive. Sistem yang diambil dari Toyota ini menggunakan mesin 1,5 liter, motor listrik, ISg dan baterai lithium-ion yang lebih besar yang mampu menghasilkan tenaga 114hp dan torsi 141Nm.

Pengemudi dapat memilih dari empat mode berkendara, yaitu EV, Eco, Power dan Normal. Meskipun merupakan sistem pengisian sendiri, ia mampu menempuh jarak hingga 25 kilometer dengan daya listrik penuh.

Grand Vitara akan dirakit di pabrik Toyota di Kartanaka, India bersama dengan Toyota Hyryder. Di India, mesin tersebut bersaing langsung dengan model seperti Hyundai Creta dan Skoda Kushaq.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1091 seconds (10.101#12.26)