Jangan Sampai Gundul, Ini Pentingnya Permukaan Ban Kendaraan Dibuat Kasar

Senin, 08 Agustus 2022 - 21:00 WIB
loading...
A A A
Daya cengkram ban terhadap permukaan jalan juga tetap besar. Hal ini membuat Anda dapat berkendara dengan lebih mudah dan cepat.

3. Memberikan Gaya Gesek Lebih Maksimal
Jangan Sampai Gundul, Ini Pentingnya Permukaan Ban Kendaraan Dibuat Kasar


Tujuan utama ban mobil diberikan alur sebenarnya sama dengan poin pertama, yakni memberikan gaya gesek lebih besar. Jadi tekstur kasar dan pemberian alur saling berkombinasi untuk memberikan gaya gesek bagi mobil agar dapat melaju dengan lebih mudah melewati berbagai jenis jalan. Ban juga tidak akan mudah tergelincir walau terus bersinggungan dengan permukaan jalan. Namun tidak hanya itu saja.

Baca juga : Ini Rencana Darurat NASA saat Rusia Tinggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional

Untuk catatan, sebenarnya ada juga tipe ban tanpa alur. Namun ban tipe itu biasanya digunakan dalam cabang olahraga motorsport, seperti F1. Ban tanpa pemberian alur membuat seluruh permukaan dapat menyentuh aspal jalan secara maksimal. Cengkramannya pun menjadi lebih kuat dibandingkan ban dengan alur untuk mobil biasa.

Tapi ban-ban itu hanya digunakan untuk kebutuhan khusus. Bahkan penggunaannya harus dilakukan di sirkuit atau tempat tertutup. Jadi tidak boleh digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat umum.
(wsb)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2164 seconds (11.210#12.26)