Prancis Berikan Subsidi Rp59 Juta untuk Warganya yang Menggunakan Sepeda

Selasa, 23 Agustus 2022 - 06:32 WIB
loading...
Prancis Berikan Subsidi Rp59 Juta untuk Warganya yang Menggunakan Sepeda
Pemerintah Prancis meningkatkan jumlah subsidi yang ditawarkan hingga €4.000 atau sekitar Rp59,2 Juta per orang kepada warganya yang beralih menggunakan sepeda. Foto/Cycling Magazine
A A A
PARIS - Pemerintah Prancis meningkatkan jumlah subsidi yang ditawarkan hingga €4.000 atau sekitar USD3.976 (Rp59,2 Juta) per orang kepada warganya yang beralih menggunakan sepeda listrik . Uang subsidi itu sebagai insentif kepada warga yang mengganti moda transportasi yang berpolusi dengan alat transportasi alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Menurut The Times, warga yang tinggal di rumah tangga berpenghasilan rendah di zona perkotaan rendah emisi yang menukar mobil mereka dengan pembelian e-bike atau sepeda listrik mendapat subsidi Rp59,2 juta. Sepeda konvensional yang tidak bermotor juga memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif.

Warga Prancis dari kelompok berpenghasilan lebih tinggi dapat mengklaim subsidi yang lebih kecil. Subsidi, yang pertama kali diperkenalkan tahun lalu, baru-baru ini ditingkatkan setelah para pejabat memutuskan bahwa lebih banyak yang harus dilakukan untuk mendorong masyarakat lebih banyak menggunakan sepeda, seperti di Belanda, Jerman, dan Denmark.



Dikutip dari laman The Verge, Selasa (23/8/2022), pemerintah Prancis menargetkan 9 persen warganya beralih ke sepeda pada 2024, atau meningkat dibandingkan saat ini yang baru mencapai 3 persen. Angka itu tentu masih jauh di bawah Belanda yang mencatatkan sekitar 27 persen warganya menggunakan sepeda.

Kebijakan tersebut dimodelkan pada program yang sangat sukses di Lithuania. Warga yang memenuhi syarat mendapat subsidi hingga €1.000 (hampir USD994) untuk mengganti kendaraan mereka dengan menggunakan sepeda listrik, skuter, moped, sepeda motor, atau transportasi umum.



Tetapi Prancis tidak hanya menghabiskan uang untuk insentif individu. Pemerintah Emmanuel Macron juga mengatakan akan menginvestasikan €250 juta untuk membuat kota Paris sepenuhnya dapat dilalui sepeda. Wali Kota Paris, Anne Hidalgo, yang memenangkan pemilihan kembali tahun lalu berjanji untuk menambah 130 kilometer jalur sepeda yang aman selama lima tahun ke depan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8573 seconds (0.1#10.140)