Cara Oper Gigi Mobil Manual yang Halus Dijamin Tidak Loncat

Jum'at, 02 September 2022 - 13:56 WIB
loading...
A A A
2. Tekan pedal kopling ke bawah

Kopling memiliki tugas untuk menghubungkan dan memutuskan daya dari mesin menuju gearbox (transmisi). Fungsi kopling sendiri adalah untuk mengubah tingkatan kecepatan pada mesin mobil sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Setelah gearbox terpisah dari mesin, gear yang berada di dalam gearbox dapat dipercepat atau diperlambat sesuai kecepatan ketika mobil dilajukan. Namun apabila anda tidak menekan kopling dengan tepat, roda gigi tidak akan dapat memperlambat atau mempercepat dan menyinkronkan kecepatanya sehingga pergantian gigi tidak mulus.

3. Angkat kopling secara perlahan

Ketika anda telah menekan pedal kopling ke bawah, angkatlah kembali kopling ke atas secara perlahan-lahan menuju tempat semula. Kopling yang sudah kembali pada posisi awal berfungsi untuk menyesuaikan kecepatannya. Jika anda mengangkat pedal kopling terburu-buru pelat kopling akan bertabrakan dengan pelat lainnya sehingga mobil akan tersentak dan bergoyang.

4. Lakukan oper gigi dengan lembut

Kopling, throttle dan gearbox adalah komponen mobil yang dapat dioperasikan dengan ringan sehingga tidak memerlukan tenaga ekstra untuk memberikan tekanan pada komponen tersebut.

Maka kurangilah tekanan yang diberikan pada pedal dan kekuatan untuk menarik persneling. Tekan kopling perlahan untuk mengaktifkannya, dan jangan diinjak. Setelah itu lepaskan dengan halus agar mobil tidak oleng.

5. Perhatikan RPM

Revolutions Per Menit (RPM) merupakan satuan yang digunakan untuk menginformasikan kecepatan pada perputaran mesin kendaraan. Dengan adanya RPM berguna membantu para pengendara untuk menghemat bahan bakar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5377 seconds (0.1#10.140)