5 Perbedaan Timing Belt dan Fan Belt yang Harus Diketahui Pengguna Skutik

Senin, 26 September 2022 - 09:17 WIB
loading...
A A A
2. Bentuk sabuk Timing Belt dan Fan Belt

Sabuk pada timing belt memiliki bentuk gerigi yang berguna untuk menyelaraskan gerakan memutar pada crankshaft dan camshaft agar tepat pada saat waktu katup mesin membuka dan menutup.

Sementara pada fan belt, memiliki bentuk runcing dibagian ujungnya dengan bentuk yang lebih pendek dibandingkan jenis sabuk penggerak lain, sehingga jika ada komponen tambahan yang mau digerakkan maka harus ditambahkan dengan memasang fan belt sendiri.

3. Cara kerja Timing Belt dan Fan Belt

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cara kerja timing belt adalah dengan mengatur waktu pengapian serta menjaga pembukaan dan penutupan katup pada mesin mobil. Sedangkan fan belt bekerja dengan memberikan energi dari mesin mobil pada komponen di luar mobil agar dapat bergerak.

4. Tanda dua komponen tersebut wajib diganti

Dua komponen penting ini harus diganti apabila pada timing belt jarak minimal mobil sudah 50.000. Sedangkan pada fan belt harus diganti apabila jarak tempuhnya telah mencapai 25.000. Namun apabila ketika mobil digunakan menimbulkan suara decitan, pengguna harus segera mengganti kedua komponen ini.

5. Material Timing Belt dan Fan Belt

Bahan yang digunakan untuk membuat dua komponen ini juga tentunya berbeda, dimana timing belt menggunakan rantai-rantai besi. Sementara pada fan belt menggunakan bahan karet.

Ni Made Susilawati
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1678 seconds (0.1#10.140)