Laris Manis, Ini Perbandingan Fitur Honda BR-V dan Toyota Veloz

Rabu, 05 Oktober 2022 - 17:00 WIB
loading...
Laris Manis, Ini Perbandingan Fitur Honda BR-V dan Toyota Veloz
Perbandingan fitur Honda BR-V dan Toyota Veloz ternyata sangat menarik karena punya keunggulan masing-masing. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Laris manis, ini perbandingan fitur Honda BR-V dan Toyota Veloz. Meski berbeda segmen keduanya memiliki kelebihan masing-masing.

Honda BR-V saat ini memang diposisikan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) di segmen Low SUV. Sebaliknya PT Toyota Astra Motor (TAM) menjual Toyota Veloz di pasar Low MPV.

Kedua mobil itu justru jadi fenomena tersendiri buat masing-masing pabrikan. Pasalnya saat ini keduanya mencetak rekor penjualan yang fantastis.

Ambil contoh Honda BR-V yang terjual sebanyak 2.534 unit per Agustus 2022 lalu. Catatan itu jadi yang tertinggi di Agustus dibanding semua mobil Honda. Sejak awal tahun hingga kini, sebanyak 14.377 unit Honda BR-V telah dikirim ke konsumen.

Begitu juga dengan Toyota Veloz. Saat ini Toyota memang memisahkan Toyota Veloz dan Toyota Avanza karena platform yang berbeda. Pada Agustus lalu Toyota Veloz berhasil terjual sebanyak 2.431 unit. Sebuah capaian yang menarik karena penjualan itu menambah besar penjualan Toyota Avanza yang ada di angka 5.073 unit.



Baik Honda BR-V dan Toyota Veloz memang ada di segmen yang berbeda. Hanya saja masih ada sedikit benang merah di antara keduanya yakni di penyematan teknologi canggih, Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Toyota Veloz, sebagai model flagship Low MPV Toyota memiliki teknologi ADAS yang dinamakan Toyota Safety Sense. Honda BR-V tipe tertinggi, Prestige Honda Sensing, juga dilengkapi teknologi yang sama.

Untuk perbandingan harga Toyota Veloz dengan TSS dijual di harga Rp331,1 juta. Sebaliknya Honda BRV Prestige Honda Sensing dijual di harga Rp348,6 juta.

Selisih harga yang tidak terlalu besar itu tentu membuat masyarakat perlu teliti dalam menentukan pilihan. Memang segmennya berbeda, tapi tidak ada salahnya juga melihat spesifikasi dan fitur-fitur yang disediakan kedua mobil yang tengah laris manis itu. Yuk cermati apa saja:

1. Mesin

Dari segi mesin Toyota Veloz TSS dan Honda BR-V Prestige Honda Sensing tidak terlalu berbeda. Toyota Veloz TSS dilengkapi dengan mesin empat silinder dengan kapasitas 1.496 cc. Mesin itu bisa menggelontorkan tenaga 106 PS dan torsi maksimal 137 Nm,.

Honda BR-V Prestige Honda Sensing di sisi lain memiliki mesin empat silinder VTEC dengan tenaga maksimal 121 PS dan torsi maksimal 145 Nm.



2. Fitur

Dari segi fitur, Toyota Veloz TSS memiliki kelengkapan ADAS yang cukup baik yakni Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, All Round View Monitor, Rear Crossing Traffic Alert (RCTA), hingga Blind Spot Monitor (BSM). Selain itu mobil Low MPV andalan Toyota itu juga sudah punya Smartphone Connectivity dan Auto Hold.

Bagaimana dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing? Untuk varian tertinggi ini, pengguna akan mendapatkan fitur penunjang keamanan dan kenyamanan Honda Sensing dan Honda LaneWatch berupa fitur kamera di spion kiri.

Kemudian, pengguna All New Honda BR-V Prestige CVT with Honda Sensing juga mendapatkan layar 4.2” Thin-Film Transistor (TFT) Display pada dashboard untuk menampilkan berbagai informasi seperti rata-rata konsumsi bahan bakar, jarak tempuh perjalanan dan lainnya.

Terakhir, sistem audio video di model BR-V tertinggi sudah menggunakan layar sentuh 7 inci dengan fungsi seperti Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone di mana pengguna bisa menjalankan Android Auto maupun Apple Car Play (fitur ini juga sudah tersedia di tipe Prestige)
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5152 seconds (0.1#10.140)