Pakai Teknologi Canggih NASA, Pengisian Daya Kendaraan Listrik Hanya 5 Menit

Kamis, 13 Oktober 2022 - 21:32 WIB
loading...
Pakai Teknologi Canggih NASA, Pengisian Daya Kendaraan Listrik Hanya 5 Menit
NASA mengungkapkan, memiliki teknologi yang bisa digunakan untuk mengisi daya kendaraan listrik (EV) hingga penuh hanya dalam waktu lima menit atau kurang. Foto/eandt.theiet
A A A
FLORIDA - NASA mengungkapkan, memiliki teknologi yang bisa digunakan untuk mengisi daya kendaraan listrik (EV) hingga penuh hanya dalam waktu lima menit atau kurang. Teknologi eksperimental ini sebenarnya dirancang untuk mendinginkan peralatan di luar angkasa.

Para peneliti menemukan bahwa teknologi yang dikembangkan oleh NASA dan Universitas Purdue ini dapat digunakan untuk mengisi daya kendaraan listrik dengan kecepatan yang jauh lebih cepat daripada yang ada saat ini. Teknik baru ini dikenal sebagai "aliran didih subcooled" atau “subcooled flow boiling”.

“Teknologi ini dapat meningkatkan jumlah arus listrik dari pengisi daya kendaraan listrik sekitar 1.400 amp, atau hampir lima kali lebih cepat dari pengisi daya yang ada saat ini sekitar 520 amp,” kata NASA dikutip SINDOnews dari laman eandt.theiet.org, Kamis (13/10/2022).

Baca juga; Formula E Gen 3 Kembangkan Teknologi Fast Charging di Pit Stop

Awalnya, aliran didih subcooled dikembangkan untuk memastikan bahwa sistem yang kompleks mempertahankan suhu tertentu di ruang angkasa. Misi luar angkasa diharapkan menggunakan teknologi ini untuk mengontrol suhu sistem tenaga fisi nuklir, pompa panas kompresi uap, dan sistem untuk menyediakan kontrol termal.

Termasuk dukungan kehidupan lanjutan di pesawat ruang angkasa, serta di permukaan Mars dan Bulan. Dalam sebuah posting blog, NASA menjelaskan bahwa teknologi ini juga dapat membuka jalan bagi adopsi kendaraan listrik yang lebih luas.

“Teknologi yang sama ini dapat membuat mobil bertenaga listrik di Bumi lebih mudah mengisi daya. Penerapan teknologi baru ini menghasilkan pengurangan waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengisi daya kendaraan listrik. Teknologi ini dapat menghilangkan salah satu hambatan utama untuk adopsi kendaraan listrik di seluruh dunia,” tulis blog tersebut.

Biasanya, dibutuhkan sekitar 20 menit untuk mengisi daya kendaraan listrik di stasiun khusus dan beberapa jam menggunakan stasiun pengisian daya di rumah. “Dengan pengisi daya kendaraan listrik standar cenderung menyediakan daya kurang dari 150 amp,” kata peneliti NASA dan Purdue.

Baca juga; Fiat Sukses Bikin Mobil Listrik Berjalan Tanpa Baterai, Rahasianya Ternyata Sederhana
Pakai Teknologi Canggih NASA, Pengisian Daya Kendaraan Listrik Hanya 5 Menit


Namun, sistem baru dapat digunakan untuk menghadirkan 4,6 kali lebih cepat arus pengisi daya kendaraan listrik yang tersedia di pasaran saat ini. Sistem baru ini mengeluarkan arus hingga 24,22 kilowatt panas.

Untuk menguji teknologinya, tim dari Universitas Purdue mengembangkan 'Flow Boiling and Condensation Experiment' (FBCE), yang melihat mereka menjalankan eksperimen aliran fluida dua fase dan perpindahan panas di lingkungan gayaberat mikro berdurasi panjang di atas ISS. Menggunakan teknologi FBCE, tim mengatakan mencapai 2.400 amp di sepanjang kabel menggunakan pendidihan aliran subdingin.

“Di masa depan, Universitas Purdue berencana untuk bekerja dengan perusahaan kendaraan listrik atau produsen kabel pengisi daya untuk menguji prototipe ini dalam dua tahun ke depan,” demikian keterangan Universitas Purdue.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1362 seconds (10.177#12.26)