Tips Membeli Mobil Pertama buat Pemula agar Tidak Menyesal Kemudian Hari

Rabu, 19 Oktober 2022 - 21:30 WIB
loading...
Tips Membeli Mobil Pertama buat Pemula agar Tidak Menyesal Kemudian Hari
Tips membeli mobil pertama buat pemula perlu dicermati dengan baik. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Tips membeli mobil pertama sangat perlu dipahami agar tidak menyesal kemudian hari. Ambil contoh yang dialami oleh Indah Mardiawati, warga Perwira, Bekasi, Jawa Barat yang pertama kalinya membeli mobil city car dari Korea Selatan.

Mobil itu dipilih karena saat itu dia merasa sangat cukup percaya diri ketika mengendarai mobilnya seorang diri. Mobil yang imut itu juga bisa dikendarai dengan taktis.

Hanya saja semuanya berubah ketika dia punya anak. Dia kini justru sedikit menyesal karena pernah membeli mobil city car yang ukurannya sangat kecil. "Sekarang kalau bawa anak di mobil sudah penuh banget. Jadi tidak nyaman buat saya dan anak," katanya.

Dari situ dia kemudian berupaya mengganti mobilnya dengan ukuran yang lebih besar. Setidaknya dia saat ini berusaha keras mengumpulkan dana untuk bisa membeli mobil keluarga.

Pengalaman yang dirasakan Indah Mardiawati bisa jadi dialami orang lain. Salah membeli mobil pertama tentu akan menyesal di kemudian. Apalagi pembeli pertamanya adalah seorang pemula seperti Indah Mardiawati.



Pertimbangan awal dalam membeli mobil pertama tentu adalah kemampuan dana yang Anda miliki. Setelah itu Anda perlu memikirkan untuk apa mobil itu dibeli.

Nah, agar tak perlu bingung lagi, ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan bila ingin membeli mobil pertama kalinya. Yuk cermati:

1. Selaraskan Tipe Mobil dengan Kebutuhan

Tips paling pertama buat Anda pemula membeli mobil pertama adalah dengan menentukan tipe mobil sesuai kebutuhan. Sekiranya apa saja mobilitas yang anda akan lakukan menggunakan mobil tersebut?

Tipe mobil yang digunakan bagi mereka dengan anggota keluarganya yang banyak tentu berbeda dengan mobil yang hanya digunakan untuk seorang diri. Selain itu tipe mobil yang digunakan di jalanan kota juga berbeda dengan jenis mobil yang digunakan untuk melewati jalanan yang ekstrim. Maka itu sesuaikan kebutuhan Anda dengan tipe mobil pilihan anda agar efektif. Jangan terfokus pada performa dan satu model saja ya.

2. Tentukan Fitur Mobil Sesuai Keinginan

Setelah menentukan tipe mobil, ada baiknya Anda harus memperhatikan dengan teliti fitur-fitur yang ditawarkan mobil tersebut. Ada dua jenis fitur utama yang biasanya disediakan oleh kendaraan yaitu fitur keamanan dan kenyamanan.

Pada fitur keamanan pastikan mobil anda memiliki sensor, fitur pengereman, peringatan dan teknologi otomatis lain sehingga Anda aman untuk menggunakan mobil tersebut. Apabila mobil tersebut dapat memberikan rasa aman maka pengendara juga dapat merasa nyaman ketika berkendara.

3. Perhatikan Harga Mobil dan Biaya Perawatan

Bila Anda sudah menentukan fitur dan tipe mobil yang tepat, sekarang waktunya untuk menentukan budget yang dibutuhkan untuk membeli mobil pertama pilihan Anda.

Tetapi sebelum membelinya, perhatikan lebih dulu harga perawatan yang kemungkinan dikeluarkan pada mobil tersebut supaya kedepannya anda tidak merasa rugi karena harga perawatannya yang mahal.



4. Pilih Desain dan Warna Mobil yang Tepat

Bila semua sudah selesai diperhatikan dan Anda telah memutuskan untuk membeli, anda bisa memilih desain mobil yang menurut anda bagus.

Pilihlah warna mobil yang natural. Anda dapat memilih warna mobil mulai dari kuning, merah, hitam, putih, cokelat dan sebagainya sesuai selera. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa untuk menjual harga mobil di kemudian hari warna memiliki peran yang penting.

Mobil yang berwarna putih, siler, abu-abu, dan hitam lebih memiliki banyak peminat dibandingkan dengan mobil yang berwarna kuning, merah dan pink.

5. Perhatikan Pembiayaan yang Tidak Memberatkan

Saat ini hampir sebagian besar pembelian mobil dilakukan dengan skema kredit atau pembiayaan. Nah, Anda perlu cermat dalam memilih kredit atau pembiayaan dalam membeli mobil.

Jangan sampai pembiayaan yang Anda pilih justru akan memberatkan atau membebani pengeluaran Anda setiap bulannya. Tentu akan sangat baik jika Anda melakukan pembelian mobil dengan tunai. Namun jika Anda memilih pembiayaan, sebaiknya lakukan dengan bijak.

MG/Ni Made Susilawati
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)