5 Fungsi GPS Mobil yang Wajib Diketahui oleh Pebisnis Rental Mobil

Minggu, 05 Juli 2020 - 22:59 WIB
loading...
5 Fungsi GPS Mobil yang Wajib Diketahui oleh Pebisnis Rental Mobil
5 fungsi GPS mobil yang wajib diketahui oleh pebisnis rental mobil berikut. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Saat ini bisnis persewaan kendaraan sedang sangat laris di pasaran. Jika Anda berminat menjalankan usaha tersebut, maka harus mengedepankan keamanannya juga. Oleh karena itu, ketahui 5 fungsi GPS mobil yang wajib diketahui oleh pebisnis rental mobil berikut.

5 Fungsi GPS Mobil yang Wajib Diketahui oleh Pebisnis Rental Mobil

Penggunaan GPS yang direkomendasikan untuk kendaraan rental Anda mempunyai beragam fungsi. Hal ini sangat urgent karena tanpanya, keberadaan mobil dan juga penumpangnya tidak bisa dilacak jarak jauh sehingga mengkhawatirkan jika terjadi kecelakaan serta musibah lainnya.

1. Bisa Melihat Histori Perjalanan Mobil

Hal pertama yang menjadi bagian dari fungsi GPS mobil yakni dapat digunakan untuk melihat riwayat perjalanan kendaraan. Ini tentu memudahkan Anda sebagai pengusaha rental mobil dalam melakukan pengecekannya.

Di samping itu, jika terdapat hal-hal yang ganjil atau barang ketinggalan saat di perjalanan dan Anda lupa, maka itu bisa dilacak kembali menggunakan histori tersebut. Informasinya lengkap dan jelas sehingga memberikan data akurat untuk setiap keperluan.

Sebagai serang pemilik rental mobil, hal ini juga bisa Anda jadikan andalan dalam mengecek penggunaan kendaraan tersebut agar tidak tertipu oleh penyewa. Selalu lakukan kontrol pada saat hal itu sedang dalam perjalanan dan kendalikan jarak tempuhnya supaya kondisi mesin tetap prima.

2. Dapat Mengantisipasi Adanya Pencurian Mobil

Fungsi selanjutnya dari pemasangan GPS tracker pada mobil yakni untuk mengantisipasi adanya pencurian baik itu saat di tempat maupun di perjalanan. Hal ini terbukti sangat efektif karena sistem aplikasinya dapat memberikan notifikasi kepada pemilik melalui aplikasi di smartphone.
“Fungsi sentral dari GPS pada kendaraan adalah menjaga keamanan. Selain mampu melacak keberadaan mobil secara realtime, GPS juga dapat mengantisipasi terjadinya pencurian,” tutur Arya, CEO GPSKU.co.id

Arya menambahkan, ketika mobil terindikasi akan dicuri, biasanya juga akan mengeluarkan bunyi alarm tertentu supaya pemiliknya langsung tahu dan melakukan pencegahan. Namun, hal ini biasanya kurang efektif jika kejadiannya di tempat sepi atau sedang dalam kondisi waktu malam.

Adapun, ketika mobil Anda terlanjur di bawa kabur oleh pencuri, selama GPS nya masih terpasang dan tertaut dengan aplikasi, maka keberadaannya tetap bisa dilacak. Jadi, ini memudahkan pemilik dan pihak kepolisian dalam menemukan kendaraan serta menangkap pelaku secara cepat.

3. Untuk Membuat Jadwal Perjalanan Mobil Rental

Kini, membuat jadwal perjalanan mobil akan lebih mudah menggunakan GPS tracker. Hal ini tentunya dikhususkan bagi para perental kendaraan untuk menyimpan data-data pelanggan yang menyewa setiap harinya.

Fitur pembuatan jadwal tersebut juga mencegah adanya lupa perjalanan dan sebagainya karena itu akan memberikan notifikasi setiap hari. Jadi, jika datanya telah dimasukkan, maka kesalahan terhadap penjadwalan pemberangkatan kendaraan dan siapa yang akan menyewanya bisa dihindari.

Dalam menggunakan fitur jadwal persewaan mobil tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya hasilnya maksimal yakni meliputi:

• Penginputan data jadwal harus dilakukan dengan benar.
• Setiap hari jadwal harus diperbarui supaya sistem tidak bermasalah.
• Jangan terlalu banyak memasukkan data jadwal dalam sehari karena bisa jadi membuat memori penuh.

4. Guna Menjaga Keselamatan Aset dan Barang yang Ada di Mobil

Selain kendaraan Anda yang lebih aman jika dipasangi GPS tracker, produk tersebut juga sangat berguna dalam mengamankan seluruh aset serta barang-barang di dalam mobilnya. Kamera CCTV nya mampu merekam setiap benda di sana dengan baik dan memberikan kontrol informasinya.

Jadi, jika benda atau aset yang ada di dalam mobil Anda tidak ada. Hal itu dapat dilacak keberadaannya dengan mudah. Pengguna hanya tinggal meminta informasi dari sistem pelacaknya dan selanjutnya nanti aplikasi akan menampilkan data histori terkait hal itu.
Akan tetapi, walaupun penggunaan GPS tersebut dapat melacak keberadaan barang-barang Anda secara otomatis, tetapi setiap detailnya juga wajib diinputkan secara manual. Upaya ini mencegah adanya error sistem terkait fungsi otomatisnya.

5. Mengecek Kerusakan Komponen Kendaraan Secara Lebih Efektif

“Selain mendeteksi keberadaan kendaraan dan barang yang ada di dalamnya, GPS tracker juga mampu mengecek kerusakan mobil secara otomatis. Ini tentu sangat berguna bagi para pengusaha rental untuk mendapatkan informasi terkait kondisi kendaraannya dalam jenjang waktu berkala.” jelas Arya saat ditemui di kantor GPSKU.co.id.

Setiap komponen kendaraan yang akan rusak akan dideteksi sebelum hal itu benar-benar terjadi. Jadi, hal ini sangat berguna digunakan di mana saja utamanya saat bepergian jauh. Pemilik dapat mempersiapkan cadangan onderdil dan lain-lain semacamnya.
Di samping itu, adanya fitur cek onderdil otomatis tersebut juga mengingatkan Anda untuk segera melakukan perbaikan mobil jika selama ini kurang diperhatikan karena aktivitas terlalu padat.

Sekarang, tentunya Anda sudah paham mengenai 5 fungsi GPS mobil yang wajib diketahui pebisnis rental mobil.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)