GPS Pintar Serba Bisa yang Tak hanya Dipakai untuk Melacak

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 02:51 WIB
loading...
GPS Pintar Serba Bisa yang Tak hanya Dipakai untuk Melacak
Aplikasi Start GPS versi terbaru v2.0, terdapat perubahan dan pembaruan dengan teknologi terkini untuk mengakomodir kebutuhan bisnis yang akan semakin berkembang kedepannya serta ekosistem yang terhubung. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Perangkat GPS saat ini menjadi kebutuhan bagi setiap pemilik kendaraan, namun kini para pengguna berharap GPS punya fungsi lebih tak hanya untuk kemananan namun mendukung ke arah efisiensi operasional kendaraan.

Kebutuhan konsumen itu yang dimanfaatkan PT Sinergi Teknologi Terpadu Indonesia (Start GPS) sebagai salah satu pengembang layanan dan platform GPS mulai melakukan pengembangan yang kian tepat guna.

BACA JUGA - Terlacak via GPS, Maling Motor Ambruk Didor Polisi

Aplikasi yang dikembangkan sendiri oleh anak bangsa ini, kini punya cara kerja yang lebih menguntungkan bagi penggunanya.

Menurut Founder dan CEO PT Sinergi Teknologi Terpadu Indonesia (STTI) produsen, Hartono Budiman, bahwa saat ini pengembangan dan riset GPS untuk kendaraan bukan hanya meliputi sistem pelacakan saja.

"Perkembangan sistem pelacak kendaraan berbasis GPS di platform digital, kini semakin canggih. Bukan hanya melulu soal pelacakan kendaraan, membaca koordinat hingga mengirim data serta memberikan perintah engine cut-off. Namun lebih jauh bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan terkini yang menjadi standardisasi yang dibutuhkan pengusaha transportasi bahkan untuk kebutuhan efisiensi," ujar Hartono.

Irma Purnamasari, Business Process Manager Start, menjelaskan dalam aplikasi Start GPS versi terbaru v2.0, terdapat perubahan dan pembaruan dengan teknologi terkini untuk mengakomodir kebutuhan bisnis yang akan semakin berkembang kedepannya serta ekosistem yang terhubung.

"Aplikasi ini juga memiliki tampilan clean dan lebih user friendly. Juga mendukung regulasi pemerintah yang tertuang dalam peraturan Dirjen Hubdar No, KP.2081/AJ.801/DRJD/2019 terkait peraturan pemantauan kendaraan umum," jelasnya

Adapun fitur-fitur yang terdapat di Start GPS versi 2.0 ini antara lain Journey Replay sebuah fitur kilas balik perjalanan kendaraan, kemudian Measurement yang berguna untuk pengukuran area, lalu ada juga POI yang bertujuan untuk menandai area penting pada maps.

Menurut Irma, terdapat 25 tipe reporting di aplikasi terbaru ini, dan juga fleksibilitas penyimpanan data serta visual report.

Uniknya, untuk menggunakan platform Start GPS versi 2.0 ini, calon pelanggan bisa melakukan migrasi dari tipe GPS yang sudah pernah dibeli oleh pelanggan dari merk lain, sehingga kustomer yang kurang puas dengan platform sebelumnya tidak perlu mengeluarkan biaya membeli alat baru sehingga lebih mudah dan murah.

Saat ini Start menawarkan tiga varian produk dengan harga dan fitur berbeda dari kisaran harga Rp 999.000 - Rp.1.599.000
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1735 seconds (11.97#12.26)