Rawat Komponen Tetap Aman dan Nyaman, Ini Cara Mematikan Mesin Mobil yang Benar

Rabu, 26 Oktober 2022 - 16:00 WIB
loading...
A A A
2. Non Aktifkan Semua Komponen Kelistrikan

Matikan terlebih dulu semua komponen kelistrikan pada mobil (AC, audio, hingga lampu-lampu) jika hendak mematikan mesin mobil. Hal itu untuk memastikan bahwa putaran mesin bekerja tanpa beban sebelum mesin dimatikan. Selain itu prosedur ini dilakukan untuk mencegah baterai aki soak dan kerusakan pada alternator serta kompresor AC.

3. Perhatikan Putaran mesin (RPM)

Pastikan bahwa sebelum anda mematikan mesin mobil, putaran mesin harus berada pada kondisi stasioner (idle). Hal ini dilakukan agar mesin berada pada kondisi normal (tanpa beban) serta untuk mencegah kerusakan pada mesin mobil Anda.

Pada saat mesin masih bekerja dengan putaran tinggi, piston akan bergerak dengan cepat sehingga membutuhkan pelumasan oli yang maksimal. Ketika mesin tiba-tiba di matikan maka pompa oli akan berhenti bekerja sehingga tidak ada pelumasan mesin. Hal ini menyebabkan terjadinya keausan pada komponen-komponen mesin yang bergesekan.



4. Aktifkan Rem Parkir

Aktifkan rem parkir mobil Anda untuk mencegah kendaraan bergerak dengan sendirinya. Hal ini juga dilakukan sebagai pengamanan ketika kendaraan dihentikan di jalan tanjakan atau turunan.

5. Putar Kunci Kontak ke Posisi OFF

Ini adalah langkah terakhir yang dilakukan setelah langkah 1 hingga langkah 4 sudah terpenuhi. Putar kunci kontak keposisi OFF pada tipe kunci konvensional atau tekan tombol push button hingga OFF pada tipe kunci keyless.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2384 seconds (0.1#10.140)