Tips Merawat Ban Serep Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Selasa, 22 November 2022 - 13:47 WIB
loading...
A A A
Oleh karena itu, Anda perlu mengecek kondisi tekanan angin minimal sebulan sekali untuk memastikan kondisinya.

2. Perhatikan Usia Ban Cadangan Mobil

Sama seperti ban biasa, ban serep juga memiliki masa pakai. Pada umumnya ban serep mobil biasanya memiliki batas maksimal hingga 4 tahun terhitung sejak awal masa produksi. Meski jarang digunakan, jika sudah melewati masa tersebut, ada baiknya mengganti ban serep mobil dengan yang baru demi keselamatan saat berkendara.

3. Bersihkan Ban Cadangan Secara Rutin

Ban serep yang kotor bisa membuat kualitasnya menurun. Oleh karena itu, meskipun jarang digunakan, bersihkan ban serep secara rutin menggunakan lap kering agar terhindar dari karat dan kotoran yang dapat merusak permukaan ban dan velg ban.

Meski berfungsi sebagai ban serep, perlu Anda ketahui bahwa ukuran ban serep mobil biasanya lebih kecil dari ban biasa. Selain itu, ban serep biasanya lebih tipis dan lebih ringan dari ban biasa.

Oleh karena itu, ban serep ini tidak disarankan untuk pemakaian harian karena sangat mempengaruhi performa mobil.

Mungkin masih banyak orang yang beranggapan bahwa keberadaan ban serep pada kendaraan merupakan hal yang sepele. Namun nyatanya, ban serep ini sangat diperlukan, terutama untuk kondisi darurat. Oleh karena itu, sediakan ban serep di dalam kendaraan dan rawat dengan baik agar bisa digunakan kapan saja saat dibutuhkan.

(MG/Nabilah Rofiqoh Duri)
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2452 seconds (0.1#10.140)