5.000 Tesla Cyberquad Ditarik Kembali karena Membahayakan Anak-anak

Minggu, 04 Desember 2022 - 10:13 WIB
loading...
5.000 Tesla Cyberquad Ditarik Kembali karena Membahayakan Anak-anak
Tesla Cyberquad merupakan kendaraan listrik khusus yang dibuat Tesla untuk anak-anak. Foto/DOK. Tesla.
A A A
JAKARTA - Sebanyak 5.000 Tesla Cyberquad terpaksa ditarik kembali atau recall karena membahayakan anak-anak. Pasalnya seluruh Tesla Cyberquad yang langsung ludes terjual pada Desember 2021 itu tidak memenuhi standar keamanan yang ditetapkan oleh The Consumer Product Safety Commission (CPSC).

Menurut CPSC ada dua ketentuan yang ternyata tidak dipenuhi oleh Tesla Cyberquad. Pertama adalah standar suspensi mekanis. Kedua adalah ketentuan tekanan angin maksimal yang tidak terpenuhi.

Selain itu yang lebih mengkhawatirkannya lagi, Tesla Cyberquad tidak dilengkapi dengan buku panduan. Padahal setiap All Terrain Vehicle (ATV) yang diperjualbelikan harus dilengkapi dengan buku panduan. Dalam buku itu akan diketahui tata cara mengendarai ATV seperti Tesla Cyberquad, petunjuk keamanan, hingga rekomendasi usia pemakai.

Saat ini CPSC meminta agar seluruh pemilik Tesla Cyberquads menonaktifkan kendaraan itu dengan melepas kontrol mesin. Nantinya kontrol mesin itu harus dikirim ke prousen Tesla Cyberquad.



5.000 Tesla Cyberquad Ditarik Kembali karena Membahayakan Anak-anak


Produsen ATV tersebut dalam hal ini adalah Tesla dan Radio Flyer. Diketahui Tesla Cyberquad pertama kali mendebut berbarengan dengan pikap listrik, Tesla Cybertrucks pada 20199.

Saat itu Tesla Cyberquads dianggap sebagai pelengkap dari Tesla Cybertruck. Sayangnya saat ini Tesla Cybertruck tidak kunjung diproduksi. CEO Tesla Elon Musk malah gencar menjual produk pelengkapnya yakni Tesla Cyberquad yang justru diproduksi oleh pihak kedua, Radio Flyer.

Diketahui Radio Flyer adalah perusahaan yang membuat mainan atau kendaraan anak-anak berbasis listrik. Mereka kerap membuat motor atau mobil mainan dari listrik yang bisa dikendarai oleh anak-anak seperti Tesla Model Y yang dilisensi oleh Tesla.



5.000 Tesla Cyberquad Ditarik Kembali karena Membahayakan Anak-anak


Kerja sama dengan Tesla kemudian berlanjut dengan membuat Tesla Cyberquad. ATV itu dijual di harga USD1.900 atau setara Rp29,1 juta. Tesla Cyberquads diproduksi terbatas hanya 5.000 unit. Hasilnya dalam waktu sebulan ATV itu langsung ludes.

Disebutkan Autoevolution, Tesla Cyberquad dilengkapi dengan baterai 36V Li-Ion. Berkat baterai itu Tesla Cyberquads bisa berjalan sejauh 24 kilometer dan berlari hingga kecepatan 16 kilometer per jam.

Sayangnya CPSC menyebutkan adanya potensi membahayakan dari Tesla Cyberquad. Mereka sendiri sudah mendapatkan satu kecelakaan yang melibatkan seorang wanita dewasa yang terkilir di bahu saat menemani anaknya yang berusia delapan tahun mengendarai Tesla Cyberquad.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2228 seconds (0.1#10.140)