Prancis Resmi Larang Penerbangan Jarak pendek dan Jet Pribadi

Senin, 05 Desember 2022 - 23:20 WIB
loading...
Prancis Resmi Larang Penerbangan Jarak pendek dan Jet Pribadi
Prancis secara resmi melarang penerbangan komersial jarak pendek dan membatasi penggunaan jet pribadi. Foto/Electrek
A A A
PARIS - Prancis secara resmi melarang penerbangan komersial jarak pendek dan membatasi penggunaan jet pribadi . Langkah ini dilakukan untuk menekan polusi udara dan menyarankan menggunakan transportasi yang lebih rendah polusi.

“Ini adalah langkah maju yang besar dalam kebijakan pengurangan emisi gas rumah kaca. Saya bangga bahwa Prancis adalah pelopor dalam bidang ini,” kata Menteri Transportasi Prancis Clement Beaune dikutip dari laman Vice, Senin (5/12/2022).

Persetujuan Komisi Eropa (EC) datang lebih dari setahun setelah Prancis mengesahkan RUU iklim yang, antara lain, melarang penerbangan komersial jarak pendek antar kota yang dapat ditempuh dengan kereta api dalam waktu dua setengah jam atau kurang.

Baca juga; Prancis Berikan Subsidi Rp59 Juta untuk Warganya yang Menggunakan Sepeda

Awalnya, ini memengaruhi lima rute, yaitu Paris Orly ke Bordeaux, Lyon, Nantes, Rennes; dan Lyon ke Marseille. Tetapi setelah penyelidikan dan persetujuan EC, larangan tersebut akan berlaku untuk tiga rute, yaitu Paris Orly dan Nantes, Lyon, dan Bordeaux.

Prancis juga mengambil langkah-langkah untuk membatasi penggunaan jet pribadi yang jauh lebih berpolusi per penumpang daripada pesawat komersial. Penggunaan jet pribadi mengeluarkan CO2 lebih banyak per penumpang daripada penumpang kelas premium pada penerbangan komersial.

Pemerintah Prancis berencana untuk secara radikal mengekang jumlah jet pribadi yang diizinkan terbang di dalam negeri. Ini untuk mengurangi emisi dan respons terhadap kaum ultra-kaya terhadap pemborosan bahan bakar. “Ada beberapa perilaku yang tidak lagi dapat diterima,” kata Beaune kepada Le Parisien.

Sebuah laporan Transportasi dan Lingkungan, federasi Eropa untuk transportasi bersih, menemukan bahwa jet pribadi 14 kali lebih banyak menghasilkan polusi daripada penerbangan komersial per mil penumpang. Jet pribadi juga 50 kali lebih banyak menghasilkan polusi daripada kereta api.

Baca juga; Ratusan Ribu Bayi Meninggal Akibat Polusi Udara

Contoh, jet pribadi Steven Spielberg dilaporkan membakar lebih dari USD116.000 bahan bakar dalam dua bulan musim panas ini. Menurut data pelacakan penerbangan dari ADS-B Exchange, jet pribadi Spielberg menghasilkan sekitar 179 ton CO2 ke udara.

Prancis yang memiliki jumlah penerbangan jet pribadi tertinggi di Eropa, kemungkinan tidak akan melarang jet pribadi. Kemungkinan, lebih cenderung menerapkan pajak dan pembatasan yang berat, meminta perusahaan untuk lebih transparan dalam cara penggunaan jet perusahaan.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1884 seconds (11.210#12.26)