Tantang Inovasi Honda, Yamaha Kenalkan Teknologi Self-Balancing

Selasa, 27 Desember 2022 - 16:22 WIB
loading...
Tantang Inovasi Honda, Yamaha Kenalkan Teknologi Self-Balancing
Yamaha kenalkan teknologi Self-Balancing di Yamaha R3. FOTO/ IST
A A A
TOKYO - Usai Honda, Yamaha ikut membeberkan video yang memperlihatkan Yamaha R3 dibekali teknologi handal untuk menyeimbangkan motor secara otomatis.

Seperti dilansir dari Republik Bikers, teknologi self-balancing pada sepeda motor disebut Advanced Motorcycle Stability Assist System (AMSAS) dan disebut-sebut akan diperkenalkan untuk sepeda motor di pasaran.

Jika dilihat di video, mesin asli dari R3 sudah dilepas dan diganti dengan powertrain full elektrik.

Sistem AMSAS dipasang langsung pada sasis R3, menampilkan platform pengukuran inersia enam sumbu yang menawarkan stabilisasi diri pada kecepatan di bawah 5 km/jam.

Sistem tersebut terlihat bekerja tanpa memerlukan bantuan kendali dari pengendara, namun sistem tersebut masih dalam tahap pengujian dan belum dapat dipastikan kapan akan dipasang pada sepeda motor produksi.

Sebelumnya, Honda meluncurkan teknologi motor self-balancing yang bisa berdiri tegak tetap seimbang walau tanpa standar.

Sepeda Motor Self Balancing buatan Honda dengan konsep yang disebut Honda Riding Assist akan membuat motor anti jatuh.

Teknologi self-leveling sebagai diperkenalkan saat pameran elektronik CES 2017 yang berlangsung di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Motor Honda dengan Riding Assist ini tidak menggunakan sensor giroskop seperti motor Self balancing pada umumnya.

Ada sistem khusus Honda dengan mengunakan kemudi baik maju mundur maupun kanan kiri seperti manusia menyeimbangkan motor.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5942 seconds (0.1#10.140)