Jalani Libur Nataru lewat Jalan Tol, Waspadai 7 Hal Ini

Rabu, 28 Desember 2022 - 15:00 WIB
loading...
Jalani Libur Nataru lewat Jalan Tol, Waspadai 7 Hal Ini
Pengguna jalan harus ekstra waspada saat melewati jalan tol di libur Natal dan Tahun Baru. Foto: dok Auto2000
A A A
JAKARTA - Jalan tol jadi jalur yang paling banyak dilalui masyarakat yang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) menggunakan mobil pribadi. Namun, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai selama berada di jalur bebas hambatan tersebut.

Libur Nataru akan menjadi momen yang tepat untuk liburan atau kembali ke kampung halaman.

Kementerian perhubungan (Kemenhub) juga memprediksi lebih dari 16 persen masyarakat yang melakukan perjalanan akan menggunakan mobil pribadi.

Agar lebih siaga, pahami daftar yang perlu diwaspadai selama berada di jalan tol berikut ini supaya dapat diantisipasi saat mengemudikan mobil di masa libur Nataru 2023:

1. Medan Jalan Tol
Jalan Tol Trans Jawa relatif lurus dan membuat pengemudi mudah mengantuk. Beberapa jalan tol memiliki medan jalan menanjak dan menurun sehingga pengemudi harus menjaga kewaspadaan dan memastikan mobil sanggup melaluinya.

Sementara jalan Tol Trans Sumatera belum diketahui oleh banyak pengemudi sehingga harus lebih waspada.

2. Jalan Kurang Mulus
Efek buruk melibas jalan yang kurang mulus bisa sangat besar jika kecepatan mobil tinggi. Jangan mengerem mendadak atau pindah lajur untuk menghindar karena berisiko kecelakaan yang dapat melibatkan mobil lain.

Cukup lepas pedal gas dan biarkan mobil menabrak lubang. Kemudian, jalan perlahan dan rasakan apakah ada potensi masalah.

3. Ban Mobil Pecah
Ban kempis atau tekanan angin tak sesuai berpotensi tinggi pecah, sementara ban terlalu keras membuatnya sulit dikendalikan. Perhatikan kondisi telapak dan dinding ban, jika dirasa bermasalah segera ganti

4. Aquaplaning
Aquaplaning merupakan fenomena yang dapat terjadi kapan saja saat mobil melaju di jalan yang basah. Aquaplaning dapat menahan telapak ban mobil tidak menyentuh permukaan jalan sehingga kehilangan traksi dan mobil tergelincir.
Kurangi kecepatan bila turun hujan atau jalan tol basah untuk mengurangi risiko aquaplaning.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2746 seconds (0.1#10.140)