Mobil Terbang Ini Bisa Tempuh Jakarta ke Semarang Tanpa Berhenti

Rabu, 04 Januari 2023 - 20:47 WIB
loading...
Mobil Terbang Ini Bisa Tempuh Jakarta ke Semarang Tanpa Berhenti
Aska A5 diharapkan akan beroperasi mulai 2026. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Aska A5 tampil perdana di Consumer Electronic Show (CES) 2023 sebagai mobil terbang yang tidak biasa. Aska A5 bisa muat empat orang dan bisa menempuh jarak Jakarta ke Semarang.

Saat ini kapasitas dan jarak tempuh memang jadi problem utama buat mobil terbang. Kebanyakan mobil terbang yang dibuat saat ini hanya bisa diisi oleh dua orang penumpang.

Sangat berbeda dengan Aska A5 yang bisa membawa empat orang sekaligus. Begitu juga dengan jarak tempuhnya yang fenomenal.

Biasanya dalam keadaan baterai terisi penuh, mobil terbang dan taksi terbang rata-rata hanya mampu menempuh jarak 100 kilometer maksimal. Aska A5 justru mampu menempuh jarak 400 kilometer atau setara jarak Jakarta ke Semarang via jalan bebas hambatan.



Mobil Terbang Ini Bisa Tempuh Jakarta ke Semarang Tanpa Berhenti


Kok bisa mencapai jarak sejauh itu? Electronics 360 menyebutkan Aska A5 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mobil hibrid serial. Jadi Aska A5 menggendong mesin bensin yang justru bertindak sebagai generator.

Mesin bensin itu akan mengisi ulang baterai lithium ion yang jadi jantung mekanis utama dari Aska A5. Jadi jarak tempuh dari Aska A5 semakin jauh hingga mencapai 400 kilometer.

Guy Kaplinsky, salah satu pendiri Aska mengatakan teknologi yang ditawarkan Aska A5 tidak hanya sumber energi ganda saja. Mobil terbang yang akan mulai beroperasi pada 2026 itu juga memiliki banyak terobosan lain guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat berada di darat dan udara.



“Kami sangat fokus pada elemen keselamatan Aka, yang meliputi sumber energi ganda, sayap besar, baling-baling besar, dan enam paket baterai untuk memastikan ASKA aman di udara seperti di darat,” kata Guy Kaplinsky.

Selain itu Aska juga tidak akan dijual putus. Mereka justru menginginkan agar mobil terbang itu bisa dijadikan sarana transportasi berbagi. Jadi tidak hanya orang kaya saja yang bisa mengakses sarana transportasi unik itu.

"Kami menginginkan mobil terbang yang dapat diakses oleh masyarakat umum dan berperan penting dalam mendefinisikan kembali bagaimana dan di mana kita hidup," pungkas Guy Kaplinsky.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4152 seconds (0.1#10.140)