Banyak yang Tak Tahu, Ini Waktu Tepat Penggantian Minyak Rem Motor Paling Ideal

Kamis, 05 Januari 2023 - 11:33 WIB
loading...
Banyak yang Tak Tahu, Ini Waktu Tepat Penggantian Minyak Rem Motor Paling Ideal
Waktu yang tepat untuk penggantian minyak rem motor paling ideal adalah berdasarkan kondisi ketinggian minyak rem motor. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Pengguna sepeda motor masih banyak yang tak tahu waktu tepat penggantian minyak rem motor paling ideal. Kapan sih waktunya?

Saat ini memang masih banyak pemilik sepeda motor yang kerap melupakan minyak rem. Pasalnya minyak rem tidak mudah dikontrol kondisinya dibandingkan komponen sepeda motor lain seperti kampas dan kabel rem.

Alhasil banyak pemilik sepeda motor tidak tahu waktu yang ideal untuk mengganti minyak rem. Perlu diketahui bahwa sistem pengereman sepeda motor terutama yang sudah menggunakan cakram bekerja dengan sistem hidrolik. Itu artinya, dibutuhkan cairan yang berfungsi mendorong kampas untuk menjepit rotor cakram.

Peran tersebut yang dimainkan oleh minyak rem. Seperti mayoritas komponen lain pada kendaraan, minyak rem memiliki usia pakai tertentu.



Banyak yang Tak Tahu, Ini Waktu Tepat Penggantian Minyak Rem Motor Paling Ideal


Di situs PT Astra Honda Motor (AHM) dijelaskan pada dasarnya minyak rem memiliki usia pakai yang relatif panjang. Idealnya minyak rem diganti setiap 24.000 kilometer atau sekitar 2 tahun. Tapi selain itu penggantian juga bisa dilakukan jika kondisi minyak rem sudah menurun.

Misal ketika visualnya yang sudah terlihat keruh atau volumenya berkurang. Penggantian minyak sangat diperlukan. Minyak rem yang sudah tidak layak pakai berpotensi merusak karet-karet sil di kaliper atau master rem.

Jika hal itu terjadi maka risikonya sangat berbahaya karena minyak rem bisa bocor hingga berujung pada rem blong. Di samping itu minyak rem yang sudah jelek juga bisa membuat salurannya berkarat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2252 seconds (0.1#10.140)