Jangan Sembarangan Meninggalkan Motor di Rumah Sebelum Baca Tips Ini

Jum'at, 13 Januari 2023 - 09:36 WIB
loading...
Jangan Sembarangan Meninggalkan Motor di Rumah Sebelum Baca Tips Ini
Ada beberapa hal yang harus dilakukan saat meninggalkan sepeda motor di rumah dalam jangka waktu yang lama. Foto: dok Suzuki Indonesia
A A A
JAKARTA - Kondisi cuaca hujan membuat sebagian pengguna sepeda motor memilih menggunakan alat transportasi lain seperti kendaraan umum atau mobil pribadi.

Alhasil, sepeda motor lebih sering tersimpan di rumah. Asst. to Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) Hariadi mewanti-wanti, jika sepeda motor tidak digunakan atau akan disimpan di rumah dalam jangka waktu tertentu, pemilik sepeda motor harus memperhatikan beberapa hal.

Tujuannya, untuk menjaga kondisi sepeda motor agar tetap prima saat akan digunakan kembali. Nah, berikut tips yang harus diperhatikan:

1. Cuci sepeda motor setelah kehujanan
Sebelum menyimpan sepeda motor, baiknya pemilik mencuci sepeda motornya terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran dan menghindari munculnya jamur pada eksterior maupun komponen bergerak di sepeda motor.

Saat musim hujan, pemilik sepeda motor harus memastikan bodi motor segera dicuci jika terkena air hujan. Hal ini dikarenakan air hujan bersifat asam.

2. Gunakan cover sepeda motor
Sarung atau cover sepeda motor memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu melindungi sepeda motor dari sinar UV jika disimpan di ruangan terbuka seperti carport.

Cover juga berguna untuk mencegah adanya lecet atau baret yang disebabkan adanya gesekan dengan benda, hewan, atau senggolan dengan sepeda motor lain. Pilih cover sepeda motor yang sesuai peruntukan indoor atau outdoor, ukuran yang cukup, serta bahan lembut dan tidak luntur.

3. Memanaskan mesin sepeda motor
Jangan Sembarangan Meninggalkan Motor di Rumah Sebelum Baca Tips Ini

Meskipun tidak digunakan, namun pengendara perlu sesekali menghidupkan sepeda motor dan memanaskan mesin secukupnya kurang lebih 2 hingga 3 menit saja, dalam jangka waktu 1 kali dalam seminggu.

Akan lebih baik lagi jika sepeda motor bisa dikendarai ke luar rumah walau hanya sebentar. Kegiatan tersebut berguna untuk sirkulasi oli, bahan bakar dan rotasi ban motor.

4. Perhatikan keamanan kunci sepeda motor
Jangan Sembarangan Meninggalkan Motor di Rumah Sebelum Baca Tips Ini

Meski menyimpan sepeda motor di area dalam rumah, pemilik sepeda motor harus tetap memperhatikan keamanannya. Hariadi menyarankan penggunaan kunci ganda untuk menghindari tindakan seperti pencurian sepeda motor.

“Suzuki sendiri telah menyematkan teknologi keyless ignition system seperti pada model GSX-R150. Sistem ini memungkinkan GSX-R150 dapat dioperasikan tanpa anak kunci dan hanya butuh remote,” katanya.



5. Gunakan standar tengah
Tips yang tak kalah penting adalah pergunakan standar tengah (apabila dilengkapi dengan standard tengah), hal ini selain bertujuan agar posisi kendaraan kokoh dan stabil, penggunaan standar tengah akan relatif membuat ruangan terasa lebih lega.

6. Lepaskan kabel aki
Hal ini diperlukan apabila kendaraan tersebut disimpan relatif lama, karena ketika kabel aki terpasang maka akan tetap terdapat aliran listrik ke berbagai komponen, sehingga dengan dilepas kabelnya maka, accu akan lebih terjagaperformanya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2248 seconds (0.1#10.140)