Mobil Tenaga Surya Mulai Masuk Kampus

Selasa, 29 Agustus 2017 - 09:04 WIB
Mobil Tenaga Surya Mulai Masuk Kampus
Mobil Tenaga Surya Mulai Masuk Kampus
A A A
KAIRO - Mobil mesin-mesin bertenaga bensin perrlahan mulai tergantikan. Hal ini terbukti dari dua jenis kendaraan alternatif baru ciptaan Universitas Helwan Kairoyang menciptakan sebuah kendaraan untuk membantu mahasiswa difabel bergerak lebih leluasa di sekitar kampus.

Pemimpin tim riset, Ahmed Adel Labib, menjelaskan, bahwa memulai dengan mempelajari apa yang tersedia di pasar dan apa yang dilakukan pemerintah untuk membantu mereka, dan kami mendapati bahwa terdapat kursi roda elektrik dan manual.

"Tapi kursi-kursi roda itu tidak memungkinkan pengguna bepergian jarak jauh. mereka tidak bisa menggunakannya untuk pergi dari Masr El Gedida ke Nasr City atau dari Nasr City ke Maadi. Kursi-kursi itu tidak bisa melakukan perjalanan jarak jauh.” tutur Ahmed seperti dilansir Autopro

Para periset kemudian mengembangkan mobil tiga roda bertenaga surya yang dikendalikan dengan remote untuk memecahkan masalah itu. Kecepatannya mencapai 55 kilometer per jam. Itu adalah kecepatan yang sangat bagus di Mesir.

Tim itu kini sedang menggalang dana untuk memproduksi produk itu secara massal.

Sementara itu, di negara bagian Oregon, terdapat Arcimoto, kendaraan elektrik tiga roda yang dirancang sebagai mobil penumpang.

Mark Frohnmayer, Presiden Arcimoto, mengatakan, “Saya pikir, apabila kita bisa membangun sesuatu yang mirip motor dalam hal efisiensi dan mobilitas di jalan, tapi mirip mobil dalam hal kapabilitas, tertutup, bisa mengangkut barang dan stabil, maka kita memiliki peluang produk yang nyata.”

Arcimoto akan dipasarkan dalam beberapa bulan lagi tapi telah memakan waktu 10 tahun dan beberapa prototipe untuk menyempurnakannya.

“Dengan beralih ke setang kemudi, penumpang bisa duduk lebih tegak seperti naik skuter, dan itu memungkinkan kami memendekkan kendaraan sebanyak lebih dari setengah meter dan mengurangi beratnya sebanyak 272 kilogram,” tambah Mark Frohnmayer.

Dengan mengurangi berat, harganya jadi tetap terjangkau yaitu sekitar 12.000 dolar. Itu juga memungkinkan kendaraan itu melaju sampai 136 kilometer per jam
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9300 seconds (0.1#10.140)