Kenali 8 Tanda Aki Motor Perlu Diganti

Sabtu, 27 Mei 2023 - 16:57 WIB

3. Cahaya Lampu Motor Meredup

Selanjutnya, coba perhatikan cahaya lampu pada motor. Jika cahaya lampunya terlihat lebih redup daripada biasanya, ini bisa menjadi tanda bahwa aki motor sudah melemah dan perlu diganti.

4. Suara Klakson Mengecil atau Tidak Nyaring

Tanda lain bahwa aki perlu diganti adalah ketika suara klakson menjadi lebih kecil atau tidak nyaring seperti biasanya. Sebab, aki motor yang sudah lemah tidak dapat menyediakan cukup daya untuk menghasilkan suara klakson dengan kencang.

5. Tampilan Speedometer Semakin Redup

Saat ini, hampir setiap motor keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan speedometer digital. Apabila tampilan speedometer digital sudah meredup atau mengalami error, bisa jadi aki motor yang lemah adalah penyebabnya.

Sebab, aki yang lemah tidak dapat menyediakan daya yang cukup untuk mengoperasikan komponen elektronik. Termasuk speedometer. Jadi, perhatikan apakah speedometer berfungsi normal atau tidak.

6. Tegangan Aki Motor di Bawah 12 Volt

Sepeda motor yang dilengkapi speedometer digital dapat menampilkan tegangan aki. Jika tegangan aki terus-menerus berada di bawah 12 volt saat berkendara, ini bisa menjadi tanda aki motor perlu diganti.

Jika terdapat indikator besaran tegangan aki, perhatikan apakah menyala atau tidak tampilan speedometernya. Jika lampu indikatornya berkedip atau menyala terus menerus, hal tersebut bisa menjadi salah satu indikasi.

7. Tarikan Motor Menjadi Berat atau Lemah

Bagi pemilik motor dengan sistem injeksi, coba perhatikan performa tarikan motor Anda. Jika tarikannya menjadi berat, tidak responsif, atau terasa lemah saat akselerasi, artinya aki motor tidak dapat menyediakan daya listrik yang cukup dan stabil.



8. Usia Pakai Aki Sudah Mencapai 2 Tahun atau Lebih

Meski tanda ini tidak bisa diperiksa secara teknis, namun usia pakai aki juga merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan. Umumnya, aki motor memiliki masa pakai sekitar 2 tahun atau lebih tergantung kualitas aki dan kondisipemakaian.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More