Panzerbike, Motor Terberat di Dunia dengan Mesin Tank

Sabtu, 01 Juni 2024 - 10:05 WIB


Panzerbike mungkin terlihat seperti mesin perang dari film Mad Max, tetapi sebenarnya itu dimaksudkan untuk menyampaikan ide perdamaian. Niebel bersaudara berangkat untuk membangun mahakarya mereka hanya dengan menggunakan suku cadang yang pada awalnya dibuat untuk keperluan militer. Pipa logam, roda, semuanya berasal dari kendaraan dan peralatan militer. Bahkan saluran balik diesel dibuat dari alat transfusi darah yang ditemukan bersaudara di rumah sakit militer.

Meskipun motor terberat di dunia ini terkenal dengan sebutan Panzerbike, nama resminya, yaitu "Katharina die Große" (Catherine the Great) yang merujuk pada dari sebagian besar komponennya. Butuh total 5.000 jam untuk membangunnya dengan menggunakan sekitar 120 kilogram kawat las. Namun, semuanya sepadan. Pada 2007, mereka mencetak rekor dunia baru untuk jenis motor terberat di dunia yang dapat dikendarai.

Foto dan video Panzerbike beraksi pun menjadi viral di media sosial. Jika ingin melihatnya secara langsung bisa langsung hadir di pameran motor tahunan Harzer Bike Schmiede di Jerman.

Fakta menarik tentang mesin mengesankan ini, yaitu sespan besarnya memiliki sistem kemudi sendiri. Hal ini di luar kebiasaan karena radius putar roda depan utama motor tersebut dapat diabaikan. Jadi pada dasarnya membutuhkan minimal dua orang untuk mengoperasikannya.
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More