Hati-hati, Ini Penyebab Motor Nge-gas Sendiri

Rabu, 04 September 2024 - 18:23 WIB
Penyebab gas motor naik sendiri ketika mengalami kerusakan karena suplai bensin ke ruang bakar jadi berlebihan ketika motor posisi idle atau tidak.

Cara untuk mengetahui bahwa kerusakan berasal dari choke otomatis dengan menyalakan kendaraan dari kondisi dingin pada posisi idle. Jika gas tetap naik turun meskipun mesin sudah panas, maka choke otomatis error, lalu muncul suara berdengung.

3. Filter udara kotor



Penyebab gas motor naik sendiri saat mesin panas berasal dari filter udara sebagai penyaring kotoran yang berada di udara sehingga pembakaran terjadi dengan sempurna. Kotoran yang menumpuk pada saringan udara ini akan membuat pasokan udara dalam ruang bakar berkurang.

Akibatnya tenaga yang dihasilkan akan tidak stabil yang mengakibatkan gas motor menjadi naik turun sendiri. Meskipun pengendara sudah menarik gas tinggi, pembakaran yang tidak sempurna akan membuat masalah ini tidak teratasi.

Cara mengatasinya dengan membersihkan filter udara. Apabila saringan udara sudah tidak mampu menarik, maka bisa menggantinya dengan yang baru.



4. Jarak busi tak sesuai standar



Pada bagian busi terdapat jarak supaya besar kecilnya percikan api yang dihasilkan normal. Semua pabrikan motor selalu memiliki pengaturan standar pada jarak busi ini.

Hanya saja pada motor modifikasi, biasanya jarak busi ini akan diperbesar sehingga percikan api yang dihasilkan besar. Harapannya agar pembakaran lebih efisien dan tenaga yang dihasilkan besar.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More