Sejarah Mobil Militer AS, dari Jeep hingga JLTV

Senin, 16 September 2024 - 17:03 WIB
Humvee telah menjadi kendaraan militer ikonik. Bahkan, ada yang sampai mengatakan bahwa telah melampaui Jeep sebagai truk militer paling legendaris sepanjang masa.

Kompetitornya kini Hummer, yang pertama kali tersedia untuk dijual ke publik pada 1992. Tahun-tahun berikutnya melihat raksasa otomotif lainnya mencoba bersaing dengannya. Dalam kasus kendaraan militer lainnya yang diubah menjadi kendaraan sipil, Toyota Mega Cruiser ikut bersaing.



Sejauh catatan layanannya, Humvee telah melintasi berbagai medan perang selama beberapa dekade. Ia muncul dengan invasi Panama pada 1989. Kemudian mengambil posisi terkemuka selama Perang Teluk tahun 1990an.

Secara alami, Humvee tetap banyak digunakan oleh militer selama Perang Melawan Teror pada 2000an. Saat ini, kendaraan tersebut mulai kesulitan menjaga keamanan tentara di lingkungan perkotaan, dengan tembakan senjata kecil dan alat peledak improvisasi (IED) yang merusak mereka dan orang-orang di dalamnya.

Pintu dan jendela yang diperkuat bisa menjadi solusi yang baik, tetapi berat tambahan membuat Humvee lebih lambat, kurang bermanuver, dan rentan terhadap masalah mekanik yang luas.



Di tengah masalah ini, dan nyawa yang dipertaruhkan, militer AS tidak punya pilihan selain mencari alternatif untuk Humvee. Pada waktunya, solusi yang efektif datang.

Meskipun Humvee masih digunakan oleh militer AS, posisinya sama dengan Jeep pada awal 1980an. Unitnya tidak lagi diizinkan di luar area yang aman di zona tempur, dan mulai digantikan oleh JLTV - Joint Light Tactical Vehicles pada 2018 di dalam Angkatan Darat dan Korps Marinir.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More